Polisi Siapkan Pengamanan, Atalia Tunggu Kedatangan Eril

Nasional  MINGGU, 12 JUNI 2022 | 12:00 WIB

Polisi Siapkan Pengamanan, Atalia Tunggu Kedatangan Eril

Perhatian foto di atas baik-baik. Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) dan ibundanya Atalia Praratya terlihat kompak dan gembira. Foto itu diambil di Swiss, tak lama sebelum Eril hilang terbawa arus Sungai Aare, Bern, Swiss, Kamis (26/5/2022).

Dijadwalkan jenazah Eril akan tiba sore ini, Ahad (12/6/2022) pukul 15.45 WIB di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Bersamaan itu, Atalia menjemput dan siap menyambut kedatangan sang putra. Di Bandara juga akan dilakukan serah terima jenazah dari Kementerian Luar Negeri kepada pihak keluarga yaitu M Ridwan Kamil.

Sehubungan itu, Kapolres Bandara Soekarno-Hatta  Kombes Sigit Dany Setiyono mengatakan, pihaknya akan melakukan pengamanan di tiga titik untuk mengawal kepulangan jenazah Eril Ridwan Kamil menuju Bandung. Selain pihaknya, pengamanan itu juga akan dibantu oleh Polda Metro Jaya.
 
Untuk pengamanan proses kedatangan jenazah Eril dan rombongan di Bandara Soetta, kata dia, pihaknya telah membagi jadi tiga yakni rute pengawalan, lokasi penjemputan, dan parkir yang nanti akan diamankan oleh jajaran Satlantas Bandara Soetta dan Polda Metro Jaya. Total personel keseluruhan ada 120 orang.
 
Pengamanan itu akan dilakukan mulai dari human remains hingga di pintu tol dalam kota dan Bandung. Kombes Sigit pun memastikan kegiatan pengamanan dan pengawalan rute yang akan dilewati akan berjalan lancar.

"Semua sudah dicek dan nanti diharapkan kegiatan bisa berjalan dengan lancar mulai dari apron, kargo, dan rute keberangkatan ke Jawa Barat," jelasnya.
 
Menurut Sigit, pengamanan itu tidak akan mengganggu aktivitas lainnya yang ada di Bandara Soetta. Pasalnya, kata Sigit, jalur jenazah Eril akan tiba di Terminal Kargo Bandara Soetta.
 
"Saya pastikan kegiatan seperti haji dan lainnya tidak terganggu. Kemudian kegiatan kargo di Bandara Soetta sendiri pun enggak mengalami gangguan," katanya.
 
Ia merinci, nantinya proses kedatangan jenazah Eril dari turun pesawat akan diprioritaskan penuh hingga saat tiba di Terminal Kargo. Diharapkan 30-45 menit proses turun pesawat kemudian kegiatan penyerahan bisa selesai, dan dilanjutkan dengan perjalanan ke Bandung estimasinya 1 sampai 1,5 jam.

Sebelumnya, kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha dijdadwalkan, jenazah Eril tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang pada Minggu, 12 Juni 2022 pukul 15.45 WIB.[ros]


Komentar Pembaca