Meleleh Airmata Lihat Ketabahan-Kekompakan Keluarga Kang Emil

Islamtainment  MINGGU, 29 MEI 2022 | 13:10 WIB

Meleleh Airmata Lihat Ketabahan-Kekompakan Keluarga Kang Emil

Hingga hari ini, Ahad (29/5/2022), Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Kang Emil), yang tenggelap di Sungai Aare di Kota Bern, Swiss, belum ditemukan. Kang Emil dan keluarga besarnya begitu tegar, mereka kompak terus berpikir optimis, namun siap menghadapi segala ketentuan Allah SWT.

Keterangan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bern, Swiss, pagi ini Minggu (29/5/2022), menyebutkan bahwa rencananya upaya pencarian pada hari keempat hilangnya Eril akan difokuskan pada area di antara dua pintu air terdekat lokasi terakhir terlihatnya pemuda yang karib disapa Kang Eril itu, yaitu Schwellenmaetelli dan Engehalde.

Metode pencarian pada hari keempat akan menggunakan perahu dan sensor yang mampu mendeteksi hingga kedalaman 3 meter.

Saat ini Kang Emil bersama istrinya masih berada di Swiss turut melakukan pencarian putra sulungnya.  Adik Kang Emil yang berada di Bandung, Jawa Barat, Elpi Nazmuzaman mengatakan bahwa kakak kadungnya itu dalam kondisi baik. Kang Emil dan istrinya sehat dan tabah.

"Beliau kondisinya sekarang terpantau sehat, tabah, sabar menjalani ujian ini," kata Elpi Nazmuzamam dalam jumpa pers di Gedung Negara Pakuan Kota Bandung yang disiarkan stasiun televisi nasional pagi ini.

Dia mengatakan Ridwan Kamil minta maaf karena belum bisa secara langsung menyampaikan kondisi atau kabar terkini terkait musibah yang sedang dihadapinya saat ini.

"Beliau juga menyampaikan mohon maaf belum bisa menyapa langsung teman-teman di sini, mohon doanya juga," kata Elpi.

Pria yang karib disapa Kang Elpi ini menjadi juru bicara keluarga sejak tersiar kabar Eril hilang di Sungai Aare, Swiss. Beberapa saat setelah kabar tersiar, Kang Elpi memberikan keterangan kepada awak media.

Saat itu ia tak mampu menutupi kegalauan di wajahya, kendati ia optimis kemenakannya itu akan ditemukan dalam keadaan selamat. Sebab menurutnya, Eril merupakan pemuda yang giat berolahraga, pandai berenang bahkan mengantongi sertifikat diving (menyelam).

"Kami sekeluarga besar yakin bahwa Ananda Eril akan segera ditemukan dan dalam keadaan baik. Tapi kami berserah pada ketentuan Allah SWT dan menerimanya dengan penuh keikhlasan," kata Kang Elpi, Kamis lalu.

Namun kemarin, Sabtu (28/5/2022), Kang Elpi tak kuasa lagi menahan kesedihannya. Saat menyampaikan kabar terakhir yang ia terima dari kakaknya di Swiss, Kang Emil menangis di hadapan puluhan awak media yang sudah berada di rumah dinas Gubernur Jawa Barat, Gedung Negara Pakuan Kota Bandung.

Kepala Bagian Materi dan Komunikasi Pimpinan Biro Administrasi Pimpinam Pemprov Jawa Barat Akhmad Taufiqurrachman yang juga dicekam perasaan haru, tampak berusaha menenangkan adik Ridwan Kamil tersebut.

Kepedihan Kang Emil memuncak itu ketika ia menceritakan detik-detik tenggelamnya Eril, Kamis lalu. Menurutnya, Saat itu Eril berteriak meminta tolong sebelum akhirnya hanyut terbawa arus Sungai Aare, Kota Bern, Swiss.

"Jadi pada saat kejadian, informasi dari keluarga Eril memastikan yang dua orang sudah sampai di sungai. Ada sesuatu tidak terduga terbawa hanyut hingga Eril berteriak help," kata kata Kang Elpi dan tangisnya pecah.

Kang Elpi melanjutkan, Eril saat itu sedang berenang di Sungai Aare bersama beberapa temannya. Teriakan minta tolong dari Eril terdengar oleh keluarga. Sontak, keluarga yang berada di pinggir Sungai Aare segera berlari mencari Eril.

Teriakan Eril yang meminta tolong juga terdengar oleh warga setempat yang saat kejadian berada di pinggiran sungai. Warga langsung menelepon pihak kepolisian.

"Begitu teriakan help ini terdengar oleh warga di pinggiran sungai dan menelepon pihak kepolisian," kata Elpi.

Menurutnya, keluarga besar di Indonesia terus berkomunikasi dengan Kang Emil dan istri di Swiss. Semua berharap, Eril akan ditemukan dalam kondisi selamat.

"Kami semua mohon Ananda Eril dalam keadaan selamat, namun akan menerima segala ketentuan Allah SWT dengan ikhlas," katanya.[ros]

 


Komentar Pembaca
Alhamdulillah Indonesia Punya Vaksin

Alhamdulillah Indonesia Punya Vaksin

Senin, 27 Juni 2022 | 21:12

Hotman Paris Sowan Ke Ketua Mui

Hotman Paris Sowan Ke Ketua Mui

Senin, 27 Juni 2022 | 13:05