Begini, Saat Matahari Tepat di Atas Ka'bah

Kabar Tanah Suci  MINGGU, 29 MEI 2022 | 08:01 WIB

Begini, Saat Matahari Tepat di Atas Ka'bah

Matahari tepat di atas Ka'bah, bayangan Ka'bah hilang dari keempat sisinya

Kemarin, Sabtu tanggal 28 Mei 2022 pukul 12.18 waktu Makkah, Arab Saudi, matahari berada tepat di atas (tegak lurus dengan) Ka'bah. Para astronom Arab Saudi menyambut fenomena tersebut.

Dilansir Arab News, kemarin itu merupakan peristiwa pertama di tahun 2022, di mana matahari tegak lurus dengan Ka'bah.

Majid Abu Zahra, Kepala Astronomical Society di Jeddah, mengatakan bahwa pada saat tegak lurus, matahari berada pada ketinggian maksimum sekitar 90 derajat. Ini berarti matahari akan sejajar secara vertikal di atas Ka'bah, menyebabkan bayangan Ka'bah hilang sama sekali dari keempat sisinya.

Ia menegaskan bahwa fenomena tegak lurus matahari terjadi akibat letak Ka'bah antara khatulistiwa dan Tropic of Cancer. Matahari menjadi berjajar dengan Ka'bah saat bergerak dari khatulistiwa ke Tropic of Cancer selama bulan Mei, dan ketika matahari kembali ke selatan ke khatulistiwa datang dari Tropic of Cancer pada bulan Juli.

Saat posisi matahari di atas Ka'bah digunakan untuk menentukan arah kiblat di daerah yang secara geografis jauh dari Makkah.

"Caranya dengan menegakkan sepotong kayu atau plastik secara vertikal di tanah, di mana bayangannya dipantau dan arah kiblat berlawanan arah, maka perpanjangan bayangan menunjukkan lokasi Ka'bah," kata dia. [ros]


Komentar Pembaca
Rela Jalan Kaki Demi Naik Haji

Rela Jalan Kaki Demi Naik Haji

Sabtu, 02 Juli 2022 | 18:50

Mabuk Sambil Menghina Nabi Muhammad

Mabuk Sambil Menghina Nabi Muhammad

Jumat, 01 Juli 2022 | 15:30