Jelang HLUN Ke-26, Kemensos Serahkan Bantuan untuk Lansia

Nasional  JUMAT, 27 MEI 2022 | 23:00 WIB

Jelang HLUN Ke-26, Kemensos Serahkan Bantuan untuk Lansia

Jelang HLUN Ke-26, Kemensos Serahkan Bantuan pada Lansia
MoeslimChoice.Kementerian Sosial (Kemensos) RI mempersiapkan Puncak Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Ke-26, yang adakn dipusatkan di Tasikmalaya, Jawa Barat, pada 29 Mei 2022.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktorat PSKBA Iyan Kusmadiana mengatakan, Peringatan HLUN kali ini menampilkan suasana berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Di antaranya dengan banyak kegiatan yang langsung menyentuh masyarakat terutama lanjut usia (lansia).

Salah satunya, kata dia, adalah bantuan rumah tidak layak huni (Rutilahu) bagi para lansia yang dilaksanakan oleh Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA). Dari 39 Kecamatan yang tersebar di Kabupaten Tasikmalaya, Direktorat PSKBA ambil bagian di empat Kecamatan, yaitu Kecamatan Kadipaten, Kecamatan Pagerageung, Kecamatan Salopa dan Kecamatan Cineam.

Iyan Kusmadiana, saat meninjau lokasi Rutilahu di Kecamatan Pagerageung mengatakan, "Peringatan HLUN tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya,  dimana seluruh komponen Kementerian Sosial turun langsung secara bersama-sama untuk memberikan bantuan kepada masyarakat terutama lansia."

"Tema Hari Lanjut Usia Nasional 2022 adalah Lansia Sehat, Indonesia Kuat dengan sub tema yang disesuaikan di kementerian/lembaga dan pemda masing-masing," ungkapnya.

Puncak peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Ke-26 rencana akan dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo melalui teleconference dan disiarkan secara langsung dari Rumah Sakit SMC Singaparna Medika Citrautama (RS-SMC) Kabupaten Tasikmalaya pada Minggu, 29 Mei 2022 mendatang.

Lansia yang disapa adalah mereka yang mendapat Bantuan Sosial PKH dan Sembako, Pelayanan Posyandu, Renovasi Rumah Lansia Tunggal Tidak Layak Huni dan Operasi Katarak Gratis.[ros]


Komentar Pembaca