Masyarakat Dipersilakan Berfoto di Replika Formula E

Daerah  JUMAT, 27 MEI 2022 | 16:10 WIB | Aldi Rinaldi

Masyarakat Dipersilakan Berfoto di Replika Formula E

Panitia Pelaksana Formula E siap memamerkan replika mobil balap berkekuatan listrik atau Formula E kepada masyarakat. Replika akan dipajang saat Hari Kebebebasan Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) Minggu (29/5/2022).

Replika mobil Formula E ini dipajang untuk memberi kesempatan kepada masyarakat Jakarta melihat dan berswafoto.

"Masyarakat juga bisa melihat, nanti tolong viralkan, hari Minggu bagi yang CFD bisa langsung spot foto di tempat yang kita tentukan," ujar Direktur Utama (Dirut) PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Widi Amanasto kepada awak media di Kawasan Velodrome, Rawamangun, Jumat (27/5/2022).

Pihaknya, kata Widi, sedang menentukan lokasi yang tepat dan pas agar masyarkat dapat bersua foto dengan nyaman dan pantas untuk spot berfoto.

"Lokasinya kita lihat, tapi lokasinya pantas sering digunakan untuk masyarakat," kata Widi.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Formula E atau Jakarta E-Prix 2022, Ahmad Sahroni mengatakan, replika mobil balap bertenaga listrik itu akan dipamerkan di sekitar Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat.

"Rencananya di Bundaran HI," kata Sahroni kepada rekan media di lokasi yang sama.

Sebagai informasi, melansir dari laman resmi FIA Formula E. Jet darat bertenaga listrik Gen2 itu memiliki tenaga 250kW dengan dalam waktu 2,8 detik mobil ini dapat melaju 0-10 Kilometer/jam dan mencapai kecepatan tertinggi 280km/jam.

Mobil Gen2 ini memiliki panjang 5.160 milimeter (mm), lebar 1.770 mm, dan tinggi 1.050 mm.

Tak hanya itu, mobil ini juga memiliki tenaga sampai dengan 250 kilowatt atau setara dengan 335 horse power (Hp).

Kemudian, regulasi menentukan bahwa tiap mobil memiliki berat minimum 903 kg. Berat tersebut sudah termasuk pembalap dan baterai seberat 385 kg yang ditempatkan di belakang pengemudi (pebalap).

Lalu, mobil Formula E ini juga dilengkapi dengan sistem rem yang memanfaatkan energi genetik dari putaran roda untuk diubah ke energi listrik yang akan dikembalikan ke baterai. Sedangkan untuk ban yang digunakan pada mobil ini adalah ban keluaran Michelin yang memiliki lebar 245 mm dan 305 mm dengan ukuran pelek 18 inci.

Diketahui, ajang balap mobil listrik atau Jakarta, E-Prix ini bakal dihelat pada Sabtu, 4 Juni 2022 mendatang di sirkuit yang sudah disediakan dj Ancol, Jakarta Utara.[ros]


Komentar Pembaca
Alhamdulillah Indonesia Punya Vaksin

Alhamdulillah Indonesia Punya Vaksin

Senin, 27 Juni 2022 | 21:12

Hotman Paris Sowan Ke Ketua Mui

Hotman Paris Sowan Ke Ketua Mui

Senin, 27 Juni 2022 | 13:05