Sosok Buya Syafii ''Muazin Bangsa dari Makkah Barat''

Inspirasi Islam  JUMAT, 27 MEI 2022 | 11:49 WIB

Sosok Buya Syafii ''Muazin Bangsa dari Makkah Barat''

net

Semasa hidup Ahmad Syafii Maarif dikenal sebagai sosok ulama kharismatik, Cendekiawan dan mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah yang akrab disapa Buya Syafii meninggal dunia hari ini, Jumat (27/5/2022).

Dikutip dari buku biografinya yang berjudul 'Muazin Bangsa dari Makkah Darat', Buya Syafii Maarif lahir pada 31 Maret tahun 1935 di Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat (Sumbar). Daerah ini kerap dijuluki sebagai Makkah Darat.

Ahmad Syafii Maarif lahir dari pasangan Ma'rifah Rauf dan Fathiyah. Buya Syafii Maarif memulai pendidikan formalnya di Sekolah Rakyat (SR) Sumpur Kudus. Selanjutnya Buya Syafii Maarif melanjutkan sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Sumpur Kudur hingga selesai pada tahun 1947, di Madrasah inilah Buya Syafii Maarif mulai mengenal gerakan Islam yang bernama Muhammadiyah.

Organisasi Muhammadiyah masuk ke Sumpur Kudus tahun 1943, sewaktu Buya Syafii Maarif berusia delapan tahun, kelas dua SR. Setelah itu ia meneruskan ke sekolah lanjutan Muhammadiyah dan lulus di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Lintau, Sumatera Barat. Setelah lulus dari sana, ia hijrah ke Yogyakarta untuk meneruskan ke jenjang SMA. Ia kemudian meneruskan kembali ke Madrasah Muallimin yang ada di Yogyakarta milik organisai Muhammadiyah.

Buya Syafii Maarif kemudian berkuliah di FKIS IKIP (sekarang Universitas Negeri Yogya, UNY). Ia kuliah sambil mengajar. Gelar Sarjana (Drs) kemudian diperolehnya di Yogyakarta dari FKIS IKIP Yogyakarta pada Agustus 1968. Dengan Skripsi berjudul "Gerakan Komunis di Vietnam (1930-1954)", di bawah bimbingan Dharmono Hardjowidjono, dosen sejarah Asia Tenggara.

Buya Syafii Maarif kemudian meneruskan studi ke Amerika Serikat dengan mengunjungi tiga kampus: Northern Illinois University (DeKalb), Ohoi University (Athens) dan the University of Chicago antara tahun 1972-1982. [irm]


Komentar Pembaca