Perhatikan, Ini Posisi Tidur yang Baik Menurut Islam

Kajian  KAMIS, 26 MEI 2022 | 11:40 WIB

Perhatikan, Ini Posisi Tidur yang Baik Menurut Islam

Net

Semua hal yang berhubungan antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia, dan manusia dengan alam diatur dalam Al-Quran dan Al-Hadis. 

Bahkan di dalam Al-Quran dan Al-Hadis dijelaskan mengenai hal-hal kecil seperti posisi tempat tidur yang baik sesuai dengan ajaran dari Rasulullah SAW. 

Lalu posisi tempat tidur yang baik menurut Islam agar mendapatkan keberkahan dari tidur seperti apa? Berikut adalah penjelasannya lengkap.

Posisi Tempat Tidur

Tidur merupakan salah satu rutinitas yang dilakukan oleh manusia setiap harinya. Tujuan utama dari tidur adalah untuk memberikan kesempatan bagi tubuh beristirahat setelah satu hari penuh melakukan berbagai aktivitas yang kadang sangat berat. Allah SWT dalam Al-Quran surat Ar-Rum ayat 23 berfirman.

وَمِنْ آيَاتِهِ مَنَامُكُمْ بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَابْتِغَاؤُكُمْ مِنْ فَضْلِهِ إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآياتٍ لِقَوْمٍ يَسْمَعُونَ

Artinya: "Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya adalah tidurmu di waktu malam dan siang hari serta usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan" (QS Ar Rum: 23).

Dalam ajaran Islam posisi tempat tidur sangat disarankan untuk bagian atas menghadap utara sedangkan bagian bawah menghadap ke selatan. Dengan demikian maka kepala akan terletak di sisi utara dan jika posisi tidur sedikit ke kanan maka akan menghadap kiblat.

Posisi tempat tidur sedemikian rupa sesuai dengan perintah dari Rasulullah SAW dimana dalam suatu hadis dikutip dari NU Online dijelaskan bahwa posisi tidur yang dianjurkan adalah menghadap kiblat atau miring ke kanan.

إِذَا أَتَيْتَ مَضْجَعَكَ فَتَوَضَأْ وُضُوءَكَ للصَلاةِ، ثُمَّ اضْطَّجِعْ على شِقِّكَ الأَيْمَنِ

Artinya: "Jika engkau hendak menuju tempat tidurmu (untuk tidur), maka berwudhulah seperti engkau berwudhu untuk shalat, kemudian berbaringlahlah di rusukmu (bagian tubuhmu) sebelah kanan" (HR al-Bukhari dan Muslim).

Posisi Tidur yang Baik untuk Kesehatan

Dikutip dari buku 101 Daily Life Hacks karya Dayu Pratyahara, (2019: 108) dijelaskan bahwa ada tiga posisi tidur yang biasa dilakukan oleh manusia yaitu miring, terlentang dan tengkurap. Posisi tidur miring menjadi salah satu posisi tidur yang cukup direkomendasikan untuk dilakukan setiap malam karena dapat mengurangi deguran yang timbul, baik untuk menjaga kesehatan pencernaan, hingga timbulnya mulas pada perut. Selain itu tidur dalam kondisi miring ke kiri dapat melancarkan sirkulasi darah menuju jantung. [Irm]


Komentar Pembaca