Hadiri Halal Bihalal IKM, Ini Nasehat Menyentuh yang Disampaikan Wagub DKI

BERITA  SELASA, 24 MEI 2022 | 16:56 WIB | Mulyadi

Hadiri Halal Bihalal IKM, Ini Nasehat Menyentuh yang Disampaikan Wagub DKI

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria di acara halal bihalal warga minang di Jakarta/mch

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menyampaikan pesan yang menyentuh dalam sambutannya pada saat  acara halal bihalal dan pembukaan bazar minangkabau dirantau yang digelar Ikatan Keluarga Minang (IKM) Jakarta  di Area Parkir Istora Senayan, Jakarta Pusat, Senin malam (23/5/2022).

Riza membuka pesannya dengan pantun berbahasa Minang. “Jakarta tampe kito bamukim. Mangambangkan diri jo pengalaman.  IKM tampe Kito basilturahim, mambangun Jakarta jo kampuang halaman,” katanya berpantun.

“Mari basamo kito bersatu. Mambangun diri jo kaluarga. IKM wajib menajdi satu. Menjadi wadah aspirasi  Minang Jakarta,” ujar Riza menyampaikan pantunnya yang kedua yang disambut meriah oleh pesarta halal bihalal yang hadir.
 
Lebih lanjut  Ahmad Riza mengungkapkan bahwa halal bihalal sudah menjadi tradisi budaya bangsa Indonesia. Tidak hanya menjadi tradisi umat Islam, tapi juga menjadi tradisi semua suku bangsa dimana setiap setelah hari raya selalu menyelenggarakan halal bihalal. 

“Disinilah kita mengambil hikmah dari halal bihalal tersebut. Yang pertama bermuasabah, sebagai sarana mengevaluasi diri, apakah ibadah Ramadan kita sudah cukup dengan amunisi  sebagai bekal kita menjalani sebelas bulan ke depan yang penuh dengan kesibukan urusan duniawi,” katanya.
 
“Sudah cukupkah amal ibadah kita dibulan suci Ramadan kemarin sebagai bekal kita ke depan. Untuk itu  kita perlu melakukan evaluasi . evaluasi ini penting sekali. Dan keberhasilan kita melaksanakan ibadah Ramadan itu ditandai dengan perilaku kita yang semakin baik saat melalui sebelas bulan selanjutnya setelah Ramadan,” ujar Riza.

Yang kedua, lanjutnya, dimoment halal bihalal ini adalah pentingnya saling maaf memaafkan dan meminta maaf. Kita juga memiliki tugas untuk lebih dahulu meminta maaf. Kita tidak perlu malu malakukan itu, baik meminta maaf kepada yang lebih muda bahkan kepada orang yang tidak kita kenal sekalipun.

“Selain itu, kita juga dituntut untuk mampu memberi maaf, bahkan yang lebih baik lagi kita bisa memaafkan orang sebelum dia meminta maaf. Semoga kita memiliki akhlak yang baik seperti ini, mampu memberi maaf kepada siapa saja,” kata Reza  menutup nasehatnya.


Untuk selanjutnya, Reza juga mengungkapkan lima kelebihan Orang Minang. Pertama, ungkapnya,  ibadahnya baik sekali, ketaatannya luar biasa. Integritas dan moral Orang Minang menjadi teladan.
 
Yang kedua, Orang Minang itu tinggi ilmunya. Selalu menuntut ilmu keperantuan, kemana saja bahkan sampai ke luar negeri. Jadi jangan heran banyak usaha percetakan di Jakarta di miliki oleh Orang Minang.
  
“Ini menggambarkan bagaimana Orang Minang memandang pentinnyag buku sebagai media untuk menuntut ilmu  dan menambah pengetahuan. Jadi di Jakarta ini urusan cetak mencetak ini banyak orang padang,” katanya.

Ketiga, orang padang itu juga hebat berbisnis dan berdagang. Jadi tidak heran Orang Minang itu jauh-jauh merantau meninggalkan kampung halamannya, tapi bisa menghidupi tidak hanya diri dan keluarganya tapi juga bisa menghidup sanak saudaranya, bahkan masyarakat sekitarnya.
 
“Jadi tidak heran jika di mana-mana banyak warung padang, bahkan sampai ke manca negara. Masakannya enak. Rendang merupak masakan paling enak di dunia,” ujarnya.
 
Yang kelima, orang padang ini punya ukhuwah islamiyah yang luar biasa. Selalu menjalin silaturahmi yang luar biasa. Hal ini selalu dijaga oleh Orang Minang. Selalu mempererat, membangun tali silaturahmi.
  
Dan yang tidak kalah luar biasanya adalah jiwa sosialnya yang sangat tinggi. Selalu membantu dan memberi perhatian kepada sesama.

“Ini suatu budaya suku minang yang luar biasa. Banyak kelebihannya. Harus terus dipertahankan dan dilestarikan serta diwariskan kepada generasi muda. Penting bagi generasi muda untuk mengetahui kelebihan dan kekayaan adat budaya suku bangsanya agar bisa dilestarikan dan dipertahankan” tandas Riza Patria. 


Bazar kuliner minang di Area Parkir Istora Senayan Jakarta/mch

Sementara itu, Ketua Panitia  acara Halal Bihalal dan Bazar Minangkabau di Rantau, Nosri Sahibi mengungkapkan bahwa kegiatan halal bihalal dan bazar berlangsung dari tanggal 23-29 Mei 2021. Kagiatan ini diikuti oleh keluarga minang se-Jabodetabek.

“Alhamdulillah acara halal bihalal keluarga minang di perantauan akhirnya bisa digelar. Acara ini diikuti oleh keluarga besar Minangkabau se-Jabodetabek,” katan Nosri dalam sambutanya.
  
Kagiatan Bazar, lanjutnya, terbuka untuk umum. Selama acara, pengunjung dapat menikmati beragam aneka makanan khas Sumatera Barat dan hiburan seni budaya Minangkabau. Kegiatan berlansung dari pagi menjelang siang hingga malam hari.

“Peserta bazar diikuti oleh UMKM yang berada di Jakarta dan sekitarnya. Selain itu ada juga UMKM yang datang langsung dari Sumatera Barat dan Lombok,” ujarnya.
 
Sedangkan pada saat penutupan (29 Mei 2022) nanti,  ungkap Nosri Sohibi, insya Allah akan dihadiri oleh Gubener DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Sumatera Barat Mahyedi Ansharullah dan Ketua DPR RI Puan Maharani.[fah]

Pembukaan event yang berlangsung di area parkir Istora Senayan, Jakarta tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahamd Riza Patria, Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy, dan anggota DPR RI Andre Rosiade serta keluarga besar Orang Minang se-Jabodetabek.[fah]


Komentar Pembaca
Alhamdulillah Indonesia Punya Vaksin

Alhamdulillah Indonesia Punya Vaksin

Senin, 27 Juni 2022 | 21:12

Hotman Paris Sowan Ke Ketua Mui

Hotman Paris Sowan Ke Ketua Mui

Senin, 27 Juni 2022 | 13:05