Dukung UMKM, Pertamina Raih ICSB Presidential Award 2022

Ekonomi  SELASA, 24 MEI 2022 | 14:30 WIB

Dukung UMKM, Pertamina Raih ICSB Presidential Award 2022

Dalam upayanya untuk terus mendukung kemajuan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia, PT Pertamina Lubricants (PTPL) meraih penghargaan ICSB Presidential Award 2022 dari Indonesia Council for Small Business (ICSB) sebagai apresiasi terhadap kontribusi PTPL terhadap pengembangan UMKM di Indonesia.

PTPL dinilai sebagai perusahaan yang menunjukkan kontribusi signifikan dan relevan dalam membantu pengembangan kapabilitas UMKM di Indonesia.

Penghargaan diserahkan langsung oleh President ICSB Jacky Mussry dan diterima oleh Direktur Finance & Business Support PTPL Catur Dermawan di sela-sela kegiatan Jakarta Marketing Week 2022 pada hari Jumat lalu di Jakarta.

"Sebagai anak usaha BUMN, PT Pertamina Lubricants memiliki program-program yang fokus pada pemberdayaan UMKM yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri dan kemudian akan peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar. Kami mendukung kemajuan UMKM di berbagai sektor seperti makanan dan minuman dan satu bidang yang dekat dengan bisnis kami yakni usaha perbengkelan roda dua," tutur Catur.

PTPL melakukan pendampingan dan pembinaan kepada para pelaku UMKM dalam menjawab tantangan utama pengembangan usaha UMKM dalam hal peningkatan kompetensi, meningkatkan akses pemasaran dan kemudahan akses permodalan dengan program terarah untuk menghasilkan UMKM naik kelas.

Catur melanjutkan bahwa upaya PTPL untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri dilakukan melalui berbagai program CSV (Creating Share Value) dan pemberdayaan masyarakat kampung wisata di wilayah Sales Region dan Pabrik Pelumas. Program ini dilakukan dengan menyalurkan modal, pelatihan, pendampingan bisnis, serta pembinaan usaha.

Salah satu program, Enduro Student Program (ESP), merupakan program dengan menggunakan pendekatan CSV yang bertujuan untuk menciptakan wirausaha-wirausaha baru di bidang perbengkelan. ESP mencangkup pendidikan dan pelatihan teknis dan non teknis serta kewirausahaan, permodalan dan pendampingan bisnis di dunia perbengkelan roda dua bagi siswa-siswi terpilih dari berbagai SMK Otomotif dan Teknik unggulan serta SMA sederajat.

Kini melalui program ini telah berhasil menciptakan 62 wirausaha bengkel roda dua dan telah mampu menghasilkan omset per tahunnya sebesar 3 milyar rupiah serta menciptakan 113 orang secara langsung sebagai mekanik dan sekaligus sebagai pemilik bengkel.

Selain itu, PTPL terus aktif membina usaha-usaha bengkel lainnya yang dikelola oleh Komunitas difabel di Jawa Tengah dan komunitas pemuda desa di wilayah 3T (tertinggal, terdepan, terluar).

Production Unit Gresik juga turut berkontribusi terhadap perkembangan UMKM di sekitar operasi pabrik dengan dukungan sarana dan prasarana seperti bantuan peralatan masak, paket peralatan pembuatan kue dan minuman, paket peralatan mencukur rambut, dan paket peralatan pertanian serta memberikan pendampingan untuk pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk UMKM seperti Kampung Markisa, Kopi Sampah, dan Kampung Kreasi.

Production Unit Jakarta juga melakukan pembinaan dan pemberian bantuan modal kerja berupa alat masak, stiker, plastik/botol kemasan produk, timbangan dll serta pendampingan pengembangan bisnis dengan pengurusan perizinan bisnis dan pemasaran untuk program Kampung Sirih Sehati di Jakarta Utara. Kampung Sirih Sehati merupakan program pemberdayaan perempuan melalui kegiatan penghijauan wilayah (budidaya tanaman sirih) dan pengembangan bisnis olahan sirih di wilayah Kelurahan Tugu Selatan Jakarta Utara dengan 4 produk unggulan olahan sirih, di antaranya Bir Plesir (Bir Pletok Sirih), Jamu Sirih, Keripik Bawasir (Bawang Sirih), dan Peyek Sirih.[ros]


Komentar Pembaca