Akhirnya, Gubernur Bersedia Lantik Pj Kepala Daerah

POLKAM  SELASA, 24 MEI 2022 | 07:50 WIB

Akhirnya, Gubernur Bersedia Lantik Pj Kepala Daerah

Penolakan Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi untuk melantik Penjabat (Pj) Kepala Daerah sempat jadi sorotan publik di seantero negeri. Namun ternyata, ia sudah menyelesaikan miskomunikasi ini dengan Menteri Dalam Negeri.

Demikian terungkap dari penjelasan Staf Khusus Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Bidang Politik dan Media Kastorius Sinaga, yang menyebutkan bahwa Direktur Perencanaan Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)  Bahri dan Sekretaris Daerah Kabupaten Buton Selatan La Ode Budiman dijadwalkan dilantik oleh Gubernur Sultra hari ini, Selasa (24/5/2022).

Menurut Kastorius Sinaga, Gubernur Sultra sudah berkomunikasi dengan Mendagri Tito Karnavian. Dalam komunikasi tersebut, Mendagri Tito Karnavian menjelaskan mengenai mekanisme penetapan penjabat bupati.

"Bapak Mendagri sudah menjelaskan mekanisme penunjukan Pj bupati dan gubernur sudah memahami dengan baik," kata Kastorius.

Dengan begitu, Gubernur Ali Mazi dijadwalkan akan melantik dua penjabat bupati, yaitu Direktur Perencanaan Keuangan Daerah Kemendagri Bahri sebagai Pj Bupati Muna Barat dan Sekretaris Daerah Buton Selatan La Ode Budiman sebagai Pj Bupati Buton Selatan  hari ini.

Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) Asrun Lio menyatakan telah menerima surat keputusan (SK) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI soal penetapan tiga nama penjabat bupati di Sultra pada Sabtu (21/5/2022).

Diberitakan sebelumnya, Kemendagri telah menetapkan tiga nama penjabat bupati di Sulawesi Tenggara (Sultra) sehubungan berakhirnya masa jabatan bupati/wakil bupati setempat pada tanggal 22 Mei 2022.

Tiga penjabat bupati di Sultra: Muhammad Yusuf (Kepala BPBD Sultra) untuk mengisi kekosongan kepala daerah di Buton Tengah diusul Gubernur Sultra. Bahri (Direktur Perencanaan Keuangan Daerah Kemendagri) sebagai Pj Bupati Muna Barat (Mubar) diusul Kemendari La Ode Budiman yang kini sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Buton Selatan sebagai Pj Bupati Buton Selatan (Busel) diusul Kemendagri.

Dua nama yang diusul Kemendagri ditolak dilantik oleh Gubernur Ali Mazi karena masih menunggu klarifikasi dari Kemendagri.

Sedianya, pelantikan Wakil Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse menjadi wali kota Baubau defenitif dan tiga penjabat lainnya yang sudah memiliki surat keputusan (SK) Kemendagri sudah dilantik, Senin (23/5).

Namun dari tiga nama penjabat, hanya Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sultra Muhammad Yusuf sebagai Pj Bupati Buton Tengah. Dua nama, La Ode Budiman dan Bahri yang merupakan usulan Kemendagri belum dilantik.[ros]

 


Komentar Pembaca
Alhamdulillah Indonesia Punya Vaksin

Alhamdulillah Indonesia Punya Vaksin

Senin, 27 Juni 2022 | 21:12

Hotman Paris Sowan Ke Ketua Mui

Hotman Paris Sowan Ke Ketua Mui

Senin, 27 Juni 2022 | 13:05