50 Hari Pacu Motornya, Hasan Wujudkan Impian Umrah

Internasional  MINGGU, 22 MEI 2022 | 14:30 WIB

50 Hari Pacu Motornya, Hasan Wujudkan Impian Umrah

Biker (pemotor) sekaligus vlogger Pakistan Abrar Hassan telah melakukan perjalanan ke lebih dari 80 negara, setidaknya 12 di antaranya dengan sepeda motornya. Saat itu pun ia memutuskan tahun ini sudah waktunya untuk mengejar impian terbesarnya — bersepeda motor ke Arab Saudi untuk melakukan umrah.

Pada 9 Februari, Hassan berangkat dari kampung halamannya di Nankana Sahib di Provinsi Punjab, Pakistan. Ia pun memulai perjalanan melintasi tiga benua dan berkendara selama 50 hari sebelum dia tiba di Madinah pada 27 Maret. Dari sana, dia pergi ke Makkah, kota paling suci di dunia, dan melakukan umrah.

“Itu selalu menjadi impian saya (untuk bepergian ke Arab Saudi dengan sepeda motor) dan itu menjadi kenyataan tahun ini,” Hassan, seorang insinyur mesin di sebuah perusahaan otomotif Jerman, mengatakan kepada Arab News dalam pesan video dari Madinah.

"Mungkin ada beberapa perasaan yang tidak dapat Anda gambarkan dengan kata-kata ... Jadi, semuanya terasa nyata bagi saya, dan saya sangat menyukai setiap momennya," katanya dilansir Arab News, Ahad (22/5/2022).

Hassan, yang menyukai petualangan dan fotografi sejak kecil, mengatakan bahwa merupakan “pengalaman luar biasa” untuk melintasi banyak perbatasan dan bertemu begitu banyak orang di sepanjang jalan. Namun dia menunjukkan bahwa berkah khusus adalah tiba di Madinah hanya beberapa hari sebelum awal bulan puasa Ramadhan dan menjalankan puasa pertama tahun ini di sana.

Dan dia berterima kasih kepada orang-orang Arab Saudi atas “sambutan hangat” yang diberikan kepadanya dan cinta yang telah dia terima. Dia mencatat bahwa satu pengalaman yang tak terlupakan telah terjadi segera setelah dia memasuki Kerajaan dan bertemu sekelompok wanita yang menjual teh.

“Ketika mereka mengetahui bahwa saya bepergian dengan sepeda motor dari Pakistan untuk melakukan umrah, mereka tidak mengambil uang dari saya dan berkata, ‘Anda adalah tamu kami,'” katanya.

Sebuah video interaksi Hassan dengan para wanita menjadi viral di internet dan membuatnya terkenal di negara itu. "Setiap kali saya pergi dengan sepeda motor saya ... dukungan dan cinta yang saya terima saat ini sungguh luar biasa," tambahnya.

Kasih sayang memaksa Hassan untuk memperpanjang masa tinggalnya di Kerajaan dan menjelajahi kota-kota lain.

“Saya telah mengunjungi Riyadh, Madinah, dan Mekah sejauh ini, tetapi dalam beberapa hari ke depan saya akan memulai perjalanan saya ke berbagai kota di Arab Saudi,” katanya. “Saya akan pergi ke Jeddah, Abha, Al-Bahah, Jazan, dan AlUla di dekat perbatasan Yordania.”[ros]


Komentar Pembaca