Pak Yuri Telah Tiada..

Islamtainment  MINGGU, 22 MEI 2022 | 11:01 WIB

Pak Yuri Telah Tiada..

Kabar duka datang dari dunia kesehatan. Kolonel CKM dr. Achmad Yurianto, M.A.R.S yang terkenal Juru Bicara Satgas Covid-19 wafat di RSUD Syaiful Anwar, Malang, Jawa timur, Sabtu (21/5/2022) pukul 18.58 WIB, setelah menderita kanker usus.

Dilansir dari Antaranews, Ahad (22/5/2022), Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga itu meninggal dunia setelah sempat mendapatkan perawatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

Pria yang karib disapa Pak Yuri ini lahir di Malang pada 11 Maret 1962. Sejak kuliah sudah sangat dekat dengan dunia militer. Saat mahasiswa dia pernah menjabat sebagai Komandan Resimen Mahasiswa (Menwa) pada 1986 hingga 1988 dan bergabung dengan militer setelah lulus kuliah.

Ia mengawali kariernya sebagai Perwira Utama Kesehatan Daerah Militer V Brawijaya pada 1987. Kemudian, pada 1991 Yuri mengabdi di Kesehatan Daerah Militer IX Udayana, Bali. Ia juga pernah dipercaya sebagai dokter di Dili, Timor Timur.

Ia pernah menjabat sebagai Wakil Kepala Rumah Sakit tingkat II Dustira, Cimahi pada 2006, Wakil Kepala Kesehatan Daerah Militer IV Diponegoro Semarang pada 2008, Kepala Kesehatan Daerah Militer XI Pattimura, Ambon, pada 2009, hingga Kepala Dinas Dukungan Kesehatan Operasi Pusat Kesehatan TNI pada 2011. Yuri juga mengambil S2 Program Kajian Administrasi Rumah Sakit UI pada 1999

Pada 2014, Yuri bergabung dengan Kementerian Kesehatan dan dipercaya menjabat sebagai Kepala Pusat Krisis Kesehatan. Mendiang juga pernah menduduki Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan.

Sejumlah jabatan penting lainnya juga pernah diembannya, seperti Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (2020), Staf Ahli Menkes bidang Teknologi Kesehatan dan Globalisasi sejak 2020, hingga Ketua Dewan Pengawas BPJS Kesehatan (2021 hingga akhir hayatnya).

Mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan almarhum Achmad Yurianto sebagai sosok prajurit yang gigih dan pantas diteladani.

"Saya turut berbela sungkawa. Saya bersaksi beliau orang baik. Saya juga berterima kasih Almarhum telah membantu negara dalam mengedukasi serta memberikan informasi kepada masyarakat pada masa awal Pandemi Covid-19," kata Terawan.

Dokter Terawan menyebut Achmad Yurianto sebagai prajurit TNI yang gigih dan pantas diteladani, sekaligus menjadi teman diskusi di Kementerian Kesehatan. Yurianto menjadi jubir Satgas Covid-19 pada Maret - Juli 2020, di mana saat itu Terawan masih menjabat sebagai Menkes. [ros]


Komentar Pembaca