Masuki Musim Kemarau, Sumsel Masih Berpotensi Hujan

Daerah  SABTU, 21 MEI 2022 | 13:54 WIB | Rahmad Romli

Masuki Musim Kemarau, Sumsel Masih Berpotensi Hujan

moeslimchoice

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumsel telah merilis kondisi cuaca dalam 10 hari terakhir di bulan Mei serta pada minggu pertama bulan Juni. Terjadi perubahan tingkat curah hujan seiring  masuknya musim kemarau di bulan Juni mendatang.

Berdasarkan data BMKG, dalam 10 hari terakhir (dasarian) III bulan Mei, Sumsel masih terjadi curah hujan (CH) dengan intensitas rendah (0-50 mm) di seluruh wilayah Sumsel. Sementara hujan menengah (50-150 mm) terjadi di sebagian besar Kabupaten PALI, Muara Enim bagian selatan, OKU, OKU Timur, OKI bagian selatan, OKU Selatan bagian barat, dan Pagar Alam.

Kemudian sebagian kecil Musi Banyuasin bagian selatan, Muratara bagian barat, Musi Rawas, dan Empat Lawang bagian barat.

Namun untuk curah tinggi (150-300 mm) atau sangat tinggi (>300 mm) yang sempat mengguyur Sumsel selama beberapa bulan lalu kini sudah tidak ada.

Sementara peluang lebih dari 50 persen terjadi CH Rendah sebagian besar wilayah Sumatera Selatan, terutama wilayah Musi Banyuasin bagian utara, Banyuasin bagian timur, sebagian besar OKI bagian utara, dan Lahat bagian selatan berpeluang di atas 70 persen.

Peluang lebih dari 50 terjadi CH Menengah terjadi di sebagian besar OKU Timur, OKI bagian timur dan barat, sebagian OKU, sebagian Muara Enim, PALI, Musi Banyuasin, Muratara, Musi Rawas, sebagian besar Pagar Alam, Lahat bagian selatan, dan OKU Selatan bagin barat.

Di bulan Juni, CH rendah tetap terjadi di sebagian besar wilayah Sumsel meski telah memasuki musim kemarau.

Sedangkan CH menengah tetap terjadi di sebagian wilayah bagian selatan dan OKI bagian timur yang wilayahnya sebagian besar adalah gambut.

Sementara untuk update cuaca yang terjadi pada Sabtu (21/05/22) masih berpotensi terjadi hujan sedang menuju lebat di Kabupaten Ogan Komering Ilir yang meliputi wilayah Tulung Selapan, Air Sugihan, Sungai Menang, Pangkalan Lampam. Kabupaten Muara Enim yakni di Kecamatan Gelumbang, Kelekar, Muara Belida,

Kabupaten Musi Banyuasin yakni di Kecamatan Lalan. Kabupaten Banyuasin yang meliputi Banyuasin I, Banyuasin II, Banyuasin III, Pulau Rimau, Betung, Rambutan, Muara Padang, Muara Telang, Makarti Jaya, Talang Kelapa, Rantau Bayur, Tanjung Lago, Muara Sugihan, Air Salek, Suak Tapeh, Sembawa, Sumber Marga Telang, Air Kumbang,

Hujan juga mengguyur Kabupaten Ogan Ilir yakni di Kecamatan Tanjung Batu, Indralaya, Pemulutan, Indralaya Utara, Indralaya Selatan, Pemulutan Barat.

Kota Palembang yang meliputi Kecamatan  Kalidoni, Kertapati, Plaju, Sematang Borang. Kecamatan Ilir Barat II, Seberang Ulu I, Seberang Ulu II, Ilir Barat I, Ilir Timur I, Ilir Timur II, Sukarami, Sako, Kemuning, Bukit Kecil, Gandus, Alang-alang Lebar  dan sekitarnya.

Hujan juga dapat meluas ke wilayah  Tanjung Lubuk, Pedamaran, Kayu Agung, Sirah Pulau Padang, Pampangan, Jejawi, Cengal, Mesuji Raya, Lempuing Jaya, Teluk Gelam, Pedamaran Timur, Tanjung Raja, Rantau Alai, Pemulutan Selatan, Rantau Panjang, Sungai Pinang, Kandis, Lubuk Keliat, Payaraman Kabupaten OKI.

Kemudian di wilayah Kabupaten Muara Enim yakni Sungai Rotan, Lembak, Belida Darat.  

Kepala Stasiun Klimatologi Sumsel Wandayantolis mengatakan, curah hujan diprakirakan mengalami penurunan seiring memasuki periode Musim Kemarau.

“Untuk itu hematlah dalam menggunakan air bersih dan selalu menjaga lingkungan dari potensi bahaya kebakaran hutan dan lahan,” kata Dayan melalui siaran persnya.

Untuk suhu udara sendiri, wilayah Sumsel dataran rendah seperti Kota Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI mencapai 24 – 33 °C dengan kelembapan udara 55 % - 96 %.

Sedangkan untuk suhu udara dataran tinggi seperti Kota Pagar Alam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat dan OKU Selatan mencapai 19 – 32 °C dengan kelembapan Udara 60 % - 99 %.  [rhd]


Komentar Pembaca
Alhamdulillah Indonesia Punya Vaksin

Alhamdulillah Indonesia Punya Vaksin

Senin, 27 Juni 2022 | 21:12

Hotman Paris Sowan Ke Ketua Mui

Hotman Paris Sowan Ke Ketua Mui

Senin, 27 Juni 2022 | 13:05