Panasnya Sidang, Habib Bahar versus Saksi Ceng Mujib

POLKAM  KAMIS, 19 MEI 2022 | 21:09 WIB

Panasnya Sidang, Habib Bahar versus Saksi Ceng Mujib

Persidangan perkara penyebaran berita bohong dengan terdakwa Bahar bin Smith kembali diwarnai aksi saling bentak. Kali ini, penceramah yang dikenal kontroversial itu saling tunjuk dan berdebat penuh emosi dengan saksi ulama yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) di persidangan hari ini.

Ulama yang dihadirkan sebagai saksi adalah Kiai Abdul Mujib, yang karib disapa Ceng Mujib. Dia merupakan sosok ulama kharismatik Nahdlatul Ulama sekaligus Pemimpin Pondok Pesantren Fauzan di Kabupaten Garut.

"Yang saya garis bawahi dalam pernyataan Habib Bahar adalah penyataan bahwa Rizieq Shihab dipenjara karena penyelenggaraan Maulid Nabi Muhammad SAW," kata Ceng Mujib saat memberi keterangannya di ruang sidang Pengadilan Negeri (PN) Bandung Kelas IA, Jalan RE Martadinata dilansir dari JPNN.com, Kamis (19/5/2022) malam.

"Karena setau saya, tidak ada orang dipenjara karena perayaan Maulid Nabi," sambungnya.

Dalam sidang yang masih berlangsung sampai malam ini, Abdul Majib dan Bahar sempat bersitegang.

Pemicunya, saat saksi menunjuk Bahar Smith yang tengah membahas soal aksi demo yang dilakukan Ceng Mujib di Gedung DPRD Kabupaten Garut. Dalam penjelasannya, Abdul Mujib menilai Bahar Smith merupakan orang yang intoleran dikarenakan ceramah provokasinya di Kabupaten Bandung.

Bahar Smith dan saksi Kiai Abdul Mujib atau Ceng Mujib sempat bersitegang dalam sidang lanjutan perkara penyebaran berita bohong. Begini suasananya.

"Berarti Anda anggap saya intoleran?," tanya Bahar dengan nada tinggi.

 Atas aksi tunjuk tangan itu, Bahar bereaksi keras dan tak menerima sikap Ceng Mujib.

"Jangan tunjuk saya. Anda lebih dulu tunjuk saya," ucap Bahar tegas.

"Loh, Habib yang lebih dulu menunjuk" ucap Ceng Mujib menimpali.

Suasana tambah memanas, saat pendukung Bahar Smith juga ikut bersorak. Perdebatan tak usai sampai akhirnya Hakim Ketua Dodong Rusdani berdiri dari bangku dan meminta tenang.

"Tolong diam! Mohon maaf saya skorsing," kata Hakim Dodong.

Hakim lantas meninggalkan lokasi sementara. Di saat itu, suasana tak kunjung reda.

Kuasa hukum Bahar Smith, Ichwan Tuankotta pun turut serta melakukan provokasi terhadap Ceng Mujib

"Diam lu. Kurang aja. Jagoan lu?," ucap Ichwan disambung sorakan pendukung. "Sudah diam semua, diam. Kalau enggak saya suruh keluar semua," kata Bahar menenangkan massanya.

Tak lama kemudian, Hakim Dodong kembali memasuki ruang sidang. "Saya memohon maaf harus bicara keras karena harus menenangkan," ujar hakim.[ros]


Komentar Pembaca
Alhamdulillah Indonesia Punya Vaksin

Alhamdulillah Indonesia Punya Vaksin

Senin, 27 Juni 2022 | 21:12

Hotman Paris Sowan Ke Ketua Mui

Hotman Paris Sowan Ke Ketua Mui

Senin, 27 Juni 2022 | 13:05