Ratan Tata Terus Gunakan Mobil Termurah di Dunia

Internasional  KAMIS, 19 MEI 2022 | 21:00 WIB

Ratan Tata Terus Gunakan Mobil Termurah di Dunia

Taipan India Ratan Tata dipuji di media sosial karena bepergian dengan salah satu mobil termurah di dunia, Tata Nano. Ya. Pemimpin Emeritus Tata Group, RatanTata memang dikenal dengan kesederhanaannya.

Ketika dia bepergian dengan Mobil Tata Nano, yang diluncurkan perusahaannya pada tahun 2009 tetapi berhenti berproduksi 10 tahun kemudian, Tata menghidupkan kembali hiruk-pikuk mobil.

Tata Nano diluncurkan di tengah kemeriahan besar sebagai mobil kompak dengan model dasar seharga hanya 100.000 rupee ($ 1.979; £ 1.366). Namun setelah kesuksesan dan euforia awal, merek tersebut mulai kalah dari produsen lain karena masalah produksi dan pemasaran.

Batch pertama 100.000 Nano dijual melalui undian, dengan permintaan melebihi pasokan. Namun permintaan terus menurun di tahun-tahun berikutnya. Tata pada 2012 mengakui kesalahan yang dilakukan dengan peluncuran Nano.

Namun, proyek Nano tetap dekat di hatinya dan dia sering menggambarkannya sebagai "mobil yang terjangkau untuk semua orang India".

Tapi perjalanannya di Nano mengejutkan banyak orang yang menunjukkan bahwa pria itu juga memiliki perusahaan yang memproduksi Jaguar dan Land Rover. Dan perjalanannya ke Hotel Taj ikon Mumbai, yang juga dimiliki oleh Tatas, pada hari Selasa, digambarkan oleh banyak orang sebagai "masterclass" dalam hidup sederhana.

Setelah paparazzi populer Viral Bhayani memposting video Tata di Taj, media sosial India mulai ramai dengan pujian untuk taipan bisnis tersebut.

Video tersebut juga membawa kembali kenangan tentang mobil yang pernah dinobatkan sebagai "mobil paling terjangkau di dunia" dan menggemparkan India. Tata juga membicarakan mengapa Nano begitu spesial untuknya beberapa hari lalu di media sosial.

“Yang benar-benar memotivasi saya, dan memicu keinginan untuk memproduksi kendaraan seperti itu, terus-menerus melihat keluarga India naik skuter, mungkin anak terjepit di antara ibu dan ayah, naik ke mana pun mereka pergi, sering kali di jalan yang licin. Salah satu keuntungan berada di Sekolah Arsitektur, telah mengajari saya mencoret-coret ketika saya senggang. Awalnya, kami mencoba mencari cara untuk membuat kendaraan roda dua lebih aman, coretan menjadi roda empat, tidak ada jendela, tidak ada pintu, hanya dune buggy dasar. Tapi akhirnya saya memutuskan itu harus mobil. Nano, selalu ditujukan untuk semua orang kami, ”kata Tata di Instagram.

Sementara itu, beberapa laporan menunjukkan bahwa grup Tata berencana meluncurkan kembali Nano sebagai mobil listrik. Banyak perusahaan India dan global telah mencoba untuk menangkap pasar mobil listrik yang sedang tumbuh, tetapi para ahli mengatakan India masih perlu banyak berinvestasi dalam stasiun pengisian dan manajemen rantai pasokan untuk menjadikannya pilihan yang layak bagi pembuat mobil.[ros]


Komentar Pembaca