Teten Masduki Sebut Tiga Rekomendasi Kesetaraan Gender bagi UKM Perempuan

Ekonomi  KAMIS, 19 MEI 2022 | 09:30 WIB

Teten Masduki Sebut Tiga Rekomendasi Kesetaraan Gender bagi UKM Perempuan

Net

Kementerian Koperasi dan UKM telah menyelenggarakan Seminar Pemberdayaan Perempuan Pengusaha Melalui Bisnis Inklusif yang berlangsung Maret lalu sebagai side event G20, yang mengadopsi tiga rekomendasi kebijakan berwawasan ke depan.

Hal itu disampaikan Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki, dalam acara G20 Side event Rebuilding women's Productivity Post Pandemic, di Hotel Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, Rabu (18/5/2022).

Menurutnya, 3 rekomendasi tersebut dapat memperkuat komitmen kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dalam membangun kembali produktivitas perempuan, khususnya di UKM yang dimiliki dan dipimpin oleh perempuan.

"Pertama, meningkatkan kerjasama antara pemerintah, swasta, dan investor untuk mendukung pengusaha perempuan," kata Teten.

Kedua, mendorong kebijakan di bidang keuangan dan infrastruktur yang peka gender dan menyediakan akses pendanaan dan legalitas. Ketiga, meningkatkan program literasi digital keuangan bagi pengusaha perempuan untuk meningkatkan kesiapan investasi.

Lebih lanjut, Teten mengatakan, pemulihan yang berfokus pada perempuan sejalan dengan janji inklusi dan pertumbuhan berkelanjutan, serta menghilangkan hambatan pemberdayaan perempuan terutama dalam kemajuan ekonomi dan keuangan.

Teten menegaskan, dengan adanya pandemi yang memperlebar kesenjangan gender dalam perekonomian, khususnya UKM perempuan. Maka diperlukan tindakan cepat agar perempuan tidak tertinggal.

"Kami di Kementerian Koperasi dan UKM menyadari pentingnya peran pemberdayaan ekonomi perempuan terhadap masyarakat, keluarga dan perekonomian secara luas. Oleh karena itu, jelas bahwa alasan ekonomi untuk mendukung UKM perempuan diakui dengan jelas" tegas Teten.

Teten pun tak memungkiri, pandemi yang telah berlangsung selama dua tahun terakhir, telah mengakibatkan kemunduran ekonomi dan mengganggu belanja konsumen dan rantai pasokan global. [Irm]


Komentar Pembaca