Ingat! Pelonggaran Pemakaian Masker Bagi Masyarakat yang Sehat

Kesehatan  KAMIS, 19 MEI 2022 | 08:00 WIB

Ingat! Pelonggaran Pemakaian Masker Bagi Masyarakat yang Sehat

Net

Telah diumumkan, Presiden RI Joko Widodo melonggarkan aturan pemakaian masker. Satgas COVID-19 menyinggung Indonesia sudah memasuki proses transisi dari pandemi COVID-19 menuju endemi. Namun tetap, pandemi belum bisa dikatakan selesai lantaran penentuannya hanya bisa dilakukan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Kita sudah masuk ke dalam transisi menuju ke endemi. Pandeminya kan secara global memang belum selesai. Itu ditentukan oleh WHO dan kita sudah masuk ke dalam masa transisi," ujar juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito dalam konferensi pers virtual 'Pelonggaran Kewajiban Pemakaian Masker dan Aturan Perjalanan Dalam dan Luar Negeri', Selasa (17/5/2022).

Dalam kesempatan tersebut juga, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyebut proses transisi pandemi ke endemi membutuhkan kesadaran masyarakat. Misalnya, warga yang sedang sakit diminta untuk tidak banyak melakukan aktivitas tatap muka agar tidak kemudian menularkan penyakitnya ke orang lain.

Pentingnya transisi pandemi ke endemi adalah kesadaran masyarakat. Kalau yang bersangkutan sakit ya harus istirahat, kalau juga sakitnya bisa menularkan seharusnya dia tidak kemana-mana, tetap di rumah supaya tidak menularkan ke rekan-rekan yang bersangkutan di tempat-tempat lain," beber Menkes.

Sebagai catatan, tak seluruh masyarakat diperbolehkan beraktivitas tanpa menggunakan masker di ruang terbuka. Dalam pengumuman pelonggaran aturan pemakaian masker Jokowi menyebut, masyarakat yang tengah mengalami gejala batuk dan pilek tetap diwajibkan mengenakan masker.

"Bagi masyarakat yang masuk kategori rentan, lansia, atau memiliki penyakit komorbid, maka saya tetap menyarankan untuk menggunakan masker saat beraktivitas," kata Jokowi dalam siaran langsungnya, Selasa (17/5/2022).

"Demikian juga untuk masyarakat yang mengalami gejala batuk dan pilek, maka tetap harus menggunakan masker ketika melakukan aktivitas," pungkasnya. [Irm]


Komentar Pembaca
Alhamdulillah Indonesia Punya Vaksin

Alhamdulillah Indonesia Punya Vaksin

Senin, 27 Juni 2022 | 21:12

Hotman Paris Sowan Ke Ketua Mui

Hotman Paris Sowan Ke Ketua Mui

Senin, 27 Juni 2022 | 13:05