Jateng Disebut Akan Jadi Pusat Kawasan Industri Terbaik di Indonesia

Ekonomi  RABU, 18 MEI 2022 | 17:45 WIB

Jateng Disebut Akan Jadi Pusat Kawasan Industri Terbaik di Indonesia

Net

Jawa Tengah (Jateng) akan menjadi pusat salah satu kawasan industri terbaik di Indonesia. Hal tersebut ditegaskan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia.

Salah satu wilayah yang akan menjadi pusat salah satu kawasan industri terbaik adalah di Kabupaten Batang.

Menurutnya, di Kabupaten Batang terdapdat perusahaan-perusahaan besar, seperti LG, Foxconn, Tesla dan beberapa perusahaan lain. 

"Di sana akan ada perusahaan besar, seperti LG, Foxconn, kemudian Tesla pun Insya Allah akan masuk ke sana dan beberapa perusahaan lain. Pabrik kaca yang sudah masuk di sana, sekarang konstruksinya sudah jalan," kata dia saat ditemui di Road to G2 di Alila Hotel Solo, Rabu (18/5/2022).

Dalam desainnya nanti, lapangan tenaga kerja yang di sana itu akan dipoles peningkatannya kualitas skillnya di Solo Tecno Park (STP).

Sehingga nanti akan bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo.

"Jadi ada kolaborasi agar investasi bisa berjalan dengan baik tapi juga pertumbuhan pemerataan bisa kita lakukan. Maka nanti akan bekerja sama dengan Pak Wali Kota Solo," ujarnya.

Bahlil menjelaskan, Presiden Jokowi sudah memerintahkan dirinya dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhur Binsar Panjaitan.

Ada dua tugas besar, jika Presiden Jokowi ingin agar Tesla dan Foxconn itu masuk ke Indonesia. Karena dua perusahaan tersebut merupakan perusahaan besar.

"Saya ditugaskan untuk merayu Foxconn, sedangkan Pak Luhut merayu Tesla. Rayuan kita, gombalan kita waktu itu Foxconn lolos, yang Tesla ini masih tarik ulur," jelas dia.

"Tapi alhamdulillah berkat tangan dingin dan intuisi bapak presiden kemarin. Tesla, insya allah akan masuk ke Indonesia pada dua bagian investasi besar. Yang pertama tentang ekosistem bateri mobil, dan yang kedua adalah mobilnya," paparnya.

Bahlil menegaskan, Tesla akan masuk pada tahun 2022 ini. Hanya saja untuk bulan apa masih menunggu, karena belum ada tanda tangan kesepakatan.

"Insya Allah, tahun 2022 ini sudah masuk. Tapi saya belum bisa mengumumkan bulannya dan tunggu, karena kita belum tanda tangan kesepakatan. Besaran nilai investasi juga masih menunggu, tapi barang ini adalah barang bagus dan barang gede," ungkap dia.

Menurutnya, ini akan menjadi multiplayer efek di Jawa Tengah cukup bagus. Solo masuk pada layar kedua, tapi yang mempunyai fasilitas pelatihan antara Batang dan Solo, maka Solo yang lebih bagus dan harus diakui itu.

"Dengan kata lain bahwa SDM, itu Solo punya kemampuan lebih di atas rata-rata daripada di Batang. Batang punya wilayah dan ini harus dibutuhkan kolaborasi selama itu masih di Jawa Tengah," imbuhnya.

Sementara itu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyambut baik program-program dari Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal.

"Kita senang sekali, STP dilibatkan. Meski pabrik-pabriknya bukan di Solo kita akan dilibatkan dalam pelatihan-pelatihan SDM. Nanti semuanya akan dilakukan oleh STP," tandas putra sulung Presiden Jokowi ini. [Irm]


Komentar Pembaca
Alhamdulillah Indonesia Punya Vaksin

Alhamdulillah Indonesia Punya Vaksin

Senin, 27 Juni 2022 | 21:12

Hotman Paris Sowan Ke Ketua Mui

Hotman Paris Sowan Ke Ketua Mui

Senin, 27 Juni 2022 | 13:05