Kabinet Arab Saudi Ucapkan Selamat pada MBZ

Internasional  RABU, 18 MEI 2022 | 11:00 WIB

Kabinet Arab Saudi Ucapkan Selamat pada MBZ

Kabinet, yang sidang virtualnya diketuai oleh Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman, perdana menteri, menyuarakan perasaan duka dan duka yang terdalam atas meninggalnya Sheikh Khalifa Bin Zayed Al Nahyan, setelah menjalani kehidupan yang penuh dengan perbuatan yang diberkahi dan pencapaian besar serta perjalanan yang penuh dengan pemberian sejati untuk kemaslahatan, kemajuan, kemakmuran Uni Emirat Arab (UAE) dan kesejahteraan rakyatnya.

Dilansir Saudi Gazette, Rabu (18/5/2022), Kabinet juga mengucapkan selamat kepada Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan (MBZ) setelah terpilih jadi Presiden UEA oleh Dewan Tertinggi federasi, mengungkapkan harapan untuk tindakan lebih lanjut untuk mengkonsolidasikan hubungan persaudaraan antara kedua negara dan rakyat dan meningkatkan hubungan di antara negara-negara Kerjasama Teluk. Dewan Negara Arab.

Di awal sesi, Penjaga Dua Masjid Suci menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada para pemimpin dan kepala negara-negara Arab, Islam, dan sahabat yang menyampaikan harapan kesehatan yang baik kepadanya, dan kepada rakyat Arab Saudi atas perasaan dan hati tulus mereka. doa. Para anggota Kabinet juga berdoa kepada Allah SWT untuk memberikan Penjaga Dua Masjid Suci kesehatan yang konstan.

Kemudian, Penjaga Dua Masjid Suci memuji Allah atas berkah-Nya di negara suci ini dan memberikannya kehormatan besar dan status tinggi untuk melayani Masjidil Haram dan Masjid Nabawi dan karena memungkinkan sejumlah besar jamaah dan jemaah umrah untuk mengunjungi Dua Masjid Suci. Masjid selama bulan suci Ramadhan dan perawatan dan perhatian untuk keselamatan, kenyamanan dan keamanan mereka.

Raja Salman memberi pengarahan kepada Kabinet tentang isi pembicaraan yang terjadi dengan sejumlah kepala negara dalam periode terakhir termasuk surat yang dia kirim ke Sheikh Nawaf Al-Ahmad Al-Jaber Al-Sabah, Emir Negara Kuwait, dan surat yang diterimanya dari Presiden Evariste Ndayishimiye dari Republik Burundi.

Dalam sebuah pernyataan kepada Saudi Press Agency (SPA), Penjabat Menteri Media Dr. Majid bin Abdullah Al-Qasabi mengatakan Kabinet mengacu pada peran penting Arab Saudi melalui aksi kemitraannya di tingkat internasional dalam upaya untuk meningkatkan perdamaian internasional. dan keamanan, dengan cara yang menguntungkan kawasan dan masyarakatnya untuk mencapai kebaikan, pertumbuhan, dan stabilitasnya.

Kabinet dalam hal ini mengulangi pernyataan Arab Saudi dalam Pertemuan Tingkat Menteri Koalisi Global untuk Mengalahkan ISIS yang diadakan di Marrakesh, Maroko. Arab Saudi menegaskan bahwa mereka terus mempertahankan sikap tegas untuk mendukung upaya internasional melawan organisasi teroris ini, dan ketajamannya pada stabilitas Irak dan perluasan pengaruh dan kedaulatannya atas seluruh wilayahnya.

Kerajaan juga menekankan keinginan untuk mendukung upaya untuk menstabilkan keamanan dan situasi ekonomi di daerah-daerah yang dibebaskan di Suriah, menyambut pembentukan Kelompok Fokus Afrika untuk melawan ancaman yang berkembang dari penyebaran Daesh (disebut IS) di benua Afrika. .

Kabinet juga membahas isi partisipasi Arab Saudi dalam Pertemuan Musim Semi Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia dan pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral Kedua G20, di mana Kerajaan menekankan pentingnya kerja bersama untuk mengatasi masalah global. kemunduran ekonomi yang berasal dari ketegangan geopolitik baru-baru ini dan pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung dan pentingnya kebijakan iklim yang hati-hati untuk memastikan kondisi pasar energi yang stabil dan transisi yang adil yang diperlukan untuk stabilitas ekonomi global.

Kabinet menyatakan bahwa inisiatif kemanusiaan Arab Saudi untuk membebaskan (163) tahanan Houthi yang telah berpartisipasi dalam permusuhan terhadap Kerajaan datang untuk mendukung semua upaya dan upaya untuk membawa perdamaian dan mengakhiri konflik di Yaman, di samping mendukung upaya PBB untuk menstabilkan situasi. gencatan senjata saat ini, dan menciptakan suasana untuk dialog antara pihak Yaman. Selain itu, inisiatif kemanusiaan ini bertujuan untuk membantu mengakhiri kasus Tawanan Perang dan Tahanan sesuai dengan prinsip-prinsip Islam dan kemanusiaan dan nilai-nilai Arab yang melekat.

Kabinet meninjau kegiatan yang disaksikan Arab Saudi dalam beberapa hari terakhir, termasuk peluncuran Sensus Saudi 2022, Konferensi Internasional dan Pameran Pendidikan (ICEE) 2022, dan hasil Forum Penerbangan Masa Depan, di mana lebih dari 50 kesepakatan bernilai SR10 miliar ditandatangani, untuk memperkuat kerja sama di bidang layanan udara, keberlanjutan, pengembangan sumber daya manusia, dan pengoperasian bandara.

Kabinet juga menyatakan kepuasannya dengan pertumbuhan PDB Arab Saudi sebesar 9,6% pada kuartal pertama tahun 2022, dibandingkan periode yang sama pada tahun 2021, mencatat tingkat pertumbuhan tertinggi dalam sepuluh tahun terakhir, didorong oleh peningkatan minyak dan non-minyak. kegiatan minyak.

Kabinet telah diberi pengarahan tentang sejumlah masalah dalam agendanya dan memberi wewenang kepada menteri olahraga untuk membahas dan menandatangani dengan pihak Portugal sebuah rancangan nota kesepahaman antara Arab Saudi.Kementerian Olahraga dan Kementerian Pendidikan Portugal untuk kerjasama di bidang olahraga.

Kabinet menyetujui kesepakatan umum antara pemerintah Arab Saudi dan pemerintah Sudan Selatan. Juga menyetujui nota kesepahaman di bidang standardisasi antara pemerintah Arab Saudi dan pemerintah Oman.

Kabinet memberi wewenang kepada Menteri Komunikasi dan Informatika untuk membahas dan menandatangani dengan pihak Afrika Selatan rancangan nota kesepahaman antara pemerintah Arab Saudi dan pemerintah Afrika Selatan untuk kerjasama di bidang komunikasi dan teknologi informasi.

Kabinet memberi wewenang kepada Menteri Perindustrian dan Sumber Daya Mineral, Ketua Dewan Direktur Otoritas Pengembangan Ekspor Saudi untuk membahas dan menandatangani dengan Pusat Perdagangan Internasional Konferensi Perdagangan dan Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNCTAD) mengenai rancangan nota kesepahaman antara Saudi Export Development Authority of Saudi Arabia dan International Trade Center of the United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) untuk kerjasama dalam pengembangan ekspor nonmigas.

Itu menyetujui nota kesepahaman di bidang pencegahan dan pemberantasan korupsi antara Otoritas Pengawas dan Anti-Korupsi Arab Saudi dan Otoritas Kontrol Administratif di Republik Arab Mesir.

Ketujuh: Kabinet menyetujui organisasi Pusat Residensi Premium. Selain itu juga mengangkat Dr. Fahd Bin Abdullah Tounsi sebagai Ketua Dewan Direksi Pusat Nasional Pengukuran Kinerja.[ros]


Komentar Pembaca