Akhirnya, DPR Batalkan Pengadaan Gorden Rp48,7 Miliar

POLKAM  RABU, 18 MEI 2022 | 08:23 WIB

Akhirnya, DPR Batalkan Pengadaan Gorden Rp48,7 Miliar

Akhirnya, Badan Urusan Rumah Tangga Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI  membatalkan pengadaan gorden di semua rumah dinas anggota dewan di Jakarta, kendati PT Bertiga Mitra Solusi dengan harga Rp 43,5 miliar dari pagi anggaran yang disediakan DPR sebesar Rp 48,7 miliar.

Besarnya anggaran pengadaan gorden untuk 505 rumah dinas anggota DPR itu memicu kontroversi di masyarakat.

Dalam jumpa pers di kompleks parlemen di Senayan, Jakarta, Selasa (17/5/2022), Wakil Ketua Badan urusan Rumah Tangga DPR Johan Budi mengatakan proyek pengadaan gorden di semua rumah dinas anggota dewan tidak dilanjutkan. Keputusan itu diambil setelah mendengarkan penjelasan dari Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar, penjelasan hasil kajian audit dari Inspektorat DPR dan aspirasi masyarakat.

"Kami kan wakil rakyat, kami juga mendengar cerita-cerita, aspirasi dari publik. Karena itu tadi (hari ini) bulat pimpinan dan anggota BURT semua fraksi (setuju untuk tidak melanjutkan pengadaan gorden untuk rumah dinas anggota DPR," kata Johan dilansir VOA, Rabu (18/5/2022).

Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar menjelaskan proyek gorden di 505 rumah dinas anggota DPR sudah 13 atau 14 tahun tidak diadakan sehingga banyak anggota DPR meminta agar gorden diganti. Ditambahkannya, usulan untuk proyek pengadaan gorden rumah dinas anggota DPR sudah diajukan sejak 2019 namun tidak diterima karena anggaran tidak mencukupi. Baru tahun lalu anggaran untuk proyek gorden tersebut memadai. Kemudian, lanjut Indra, Sekretariat Jenderal DPR meminta kepada konsultan untuk menentukan harga yang wajar.

"Penugasan kami kepada konsultan adalah mencari harga menengah untuk anggota dewan. Kita nggak mungkin mencari (harga) yang paling bawah, apalagi yang paling atas. Kita mencari titik tengah dari harga gorden yang ada di pasaran. Konsultan mencari contoh di bebarap toko di daerah Panglima Polim, daerah Tanah Abang, di daerah Tanjung Duren, di beberapa tempat, dapatlah di harga tengah yang kemudian menjadi HPS (harga perkiraan sendiri)," ujar Indra.

Menurutnya, dari 49 perusahaan yang mendaftar untuk ikut lelang, hanya tiga perusahaan yang melakukan penawaran. Dari tiga perusahaan yang memberikan penawaran, cuma dua perusahaan yang memenuhi syarat administrasi. Dari dua perusahaan memenuhi syarat administrasi, hanya satu perusahaan yang memenuhi syarat teknis sekaligus menjadi pemenang tender.

Indra mengatakan harga pengadaan gorden untuk tiap rumah dinas anggota DPR ditetapkan Rp 80 juta atau Rp 90 juta dengan pajak, sudah termasuk perbaikan jendela, pemasangan gantungan-gantungan dengan vitrase dan relnya.

Lucius Karus, peneliti di Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), mendukung keputusan Badan Urusan Rumah Tangga DPR yang membatalkan proyek pengadaan gorden untuk 505 rumah dinas anggota dewan tersebut.

"Ini salah satu dari sekian proyek ambisius dan fantastis DPR di tahun anggaran 2022. Kita juga mendengar ada anggaran pengaspalan jalan di kompleks parlemen Senayan hingga Rp 11 miliar, juga pengadaan AC untuk ruang tamu anggota DPR sebanyak Rp 3 miliar," tutur Lucius.

Lucius menilai kalau proyek pengadaan gorden itu diteruskan tentu sangat memprihatinkan. Apalagi saat ini perekonomian negara masuh tertatih-tatih [ros]


Komentar Pembaca
Alhamdulillah Indonesia Punya Vaksin

Alhamdulillah Indonesia Punya Vaksin

Senin, 27 Juni 2022 | 21:12

Hotman Paris Sowan Ke Ketua Mui

Hotman Paris Sowan Ke Ketua Mui

Senin, 27 Juni 2022 | 13:05