Halal Bihalal, Herman Deru Resmikan Rumah Perjuangan IKB Manku

Tentang Sumsel  SELASA, 17 MEI 2022 | 21:00 WIB

Halal Bihalal, Herman Deru Resmikan Rumah Perjuangan IKB Manku

Gubernur Sumatea Selatan (Sumsel) H Herman Deru mengajak masyarakat terus berkontribusi dalam menjaga kearifan lokal Sumsel, Senin (16/5/2022), saat menghadiri Halal Bihalal Ikatan Keluarga Bersatu (IKB) Mendayun Komering Ulu Timur (Manku) di kawasan Komplek Sasana Patra Tegal Binangun Palembang.

Menurut Herman Deru, banyak langkah yang bisa dilakukan dalam menjaga dan mempertahankan kearifan lokal dan budaya tersebut.

"Salah satunya seperti yang dilakukan IKB Manku ini. Selain mempererat silahturahmi, ini juga dapat menjadi sarana untuk menjaga budaya kita. Contohnya, disini kita dapat berinteraksi dengan menggunakan bahasa dan memakai adat dari daerah kita," kata Herman Deru.

Dia menyebut, kearifan lokal merupakan sebuah warisan yang harus dijaga sehingga tetap lestari.

"Sebab itulah, saya membuat Perda terkait kearifan lokal ini. Ini upaya kita untuk melestarikannya sehingga tidak terlupakan karena kemajuan zaman saat ini," terangnya.

Atas digelarnya Halal Bihalal IKB Manku, Gubernur Herman Deru pun memberikan apresiasinya. Karena halal bihalal ini merupakan salah satu cara mulia merajut jalinan silahturahmi.

"Halal Bihalal ini cara mulia untuk mempererat silahturahmi. Ini juga sarana sinergitas sehingga organisasi ini semakin solid," paparnya.

" Sebagai organisasi masyarakat yang berciri Komering, geliat IKB Manku memang tidak diragukan lagi. Anggota IKB Manku ini saling membantu dan mendukung dalam menghadapi apapun. Geliatnya memang terlihat baik di daerah asalnya maupun di Palembang sendiri," imbuhnya.

Selain menghadiri halal bihalal, Gubernur Deru meresmikan Rumah Perjuangan IKB Manku. Rumah ini merupakan titik pusat perjuangan IKB Manku dalam membantu pemerintah untuk menyejahterakan masyarakat.

Sementara itu Ketua Umum IKB Manku Tabrani Marzuki mengatakan, saat ini IKB Manku memiliki ratusan anggota yang tersebar di dua kecamatan di Palembang seperti Kecamatan Plaju dan Kecamatan Seberang Ulu II.

"Sementara memang masih di dua kecamatan tersebut, namun ini terus kita kembangkan. Kita ingin IKB Manku ini menjadi wadah bagi masyarakat Komering khususnya mereka yang berasal dari desa Mendayun," katanya.

Dia pun berkeyakinan jika IKB Manku akan berkembang pesat. Apalagi, Gubernur Herman Deru merupakan putra asli Kabupaten OKU Timur.

"Pak Gubernur ini memang merupakan putra Komering, tapi untuk urusan pembangunan beliau tidak terfokus hanya di kawasan Komering saja. Semua daerah menjadi perhatiannya dan kami sangat bangga," tuturnya.

Dia menyebut, Sumsel sendiri memang membutuhkan sosok pemimpin seperti Gubernur Herman Deru.

"Beliau mencintai 17 kabupaten dan kota di Sumsel ini. Pemerataan pembangunan terus dilakukannya tanpa terkecuali. Sebab itulah, kita tentu mendukung setiap langkah yang dilakukannya," pungkasnya.

Hadir dalam silahturahmi tersebut, Anggota DPRD Kota Palembang M Danu Mirwando, Ketua Panitia Halal bi halal IKB Manku Juli Johansyah, Tokoh Masyarakat IKB Manku H Rusdi Zubir, dan ratusan masyarakat Komering Mendayun OKU Timur.[ros]


Komentar Pembaca
Alhamdulillah Indonesia Punya Vaksin

Alhamdulillah Indonesia Punya Vaksin

Senin, 27 Juni 2022 | 21:12

Hotman Paris Sowan Ke Ketua Mui

Hotman Paris Sowan Ke Ketua Mui

Senin, 27 Juni 2022 | 13:05

GP Ansor Segel Holywings

GP Ansor Segel Holywings

NasionalSabtu, 25 Juni 2022 | 04:22

Pelaku Pelecehan Seksual Diblacklist Naik Kereta Api
Bupati Ajak Warga Sulsel Tuntaskan Vaksinasi di Muba
Pemerintah Akan Lockdown Wilayah Zona Merah PMK

Pemerintah Akan Lockdown Wilayah Zona Merah PMK

DaerahSabtu, 25 Juni 2022 | 09:40

Ratu Dewa Rekomendasikan Izin Holywings Palembang Dicabut
Holywings Ditutup, Karyawan Terancam Kehilangan Pekerjaan
Kemenag Kembali Imbau Jamaah Bayar Dam Sesuai Aturan Arab Saudi

Kemenag Kembali Imbau Jamaah Bayar Dam Sesuai Aturan Arab Saudi

Kabar Tanah SuciRabu, 29 Juni 2022 | 00:15

Syafitri Jelaskan Peran Moderasi Beragama Dalam Ibadah Haji

Syafitri Jelaskan Peran Moderasi Beragama Dalam Ibadah Haji

Tentang SumselSelasa, 28 Juni 2022 | 23:00

DPR RI Apresiasi Pelaksanaan Ibadah Haji 2022

DPR RI Apresiasi Pelaksanaan Ibadah Haji 2022

Kabar Tanah SuciSelasa, 28 Juni 2022 | 22:40

Divonis Empat Tahun Penjara, Ini Kata Adam Deni

Divonis Empat Tahun Penjara, Ini Kata Adam Deni

HukumSelasa, 28 Juni 2022 | 22:15