Tidak Benar, Hepatitis Akut Menular Dari Hewan Peliharaan

Kesehatan  SELASA, 17 MEI 2022 | 10:45 WIB

Tidak Benar, Hepatitis Akut Menular Dari Hewan Peliharaan

Net

Di seluruh dunia, kasus hepatitis akut misterius pada anak kembali mengalami lonjakan, hingga Senin (16/5/2022) Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa (ECDC) mencatat 450 pasien.

Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA), beberapa waktu lalu mengklaim bahwa anak berusia 10 tahun ke bawah yang sakit memiliki anjing peliharaan di rumah atau mengalami paparan terhadap anjing.

Namun, mereka tidak menjelaskan bagaimana anjing berpotensi menjadi penyebabnya. Bahkan, beberapa penelitian menganggap hal itu agak mengada-ada mengingat betapa umumnya kepemilikan anjing.

Tidak hanya itu, tautan juga dinilai lemah. Faktanya, kemungkinan jauh lebih lemah daripada sebagian hipotesis alternatif yang diajukan.

Mungkinkah paparan anjing jadi penyebab hepatitis akut pada anak?

UKHSA menemukan 70 persen pasien (64 dari 92 kasus) berasal dari keluarga yang memiliki anjing atau berisiko mengalami paparan anjing.

Namun, data menunjukkan 33 persen rumah tangga di Inggris memiliki anjing, dan lebih banyak lagi anak-anak yang tidak punya anjing tetapi sering terpapar ketika bermain dengan teman-temannya.

"70 persen paparan anjing mungkin benar-benar normal," tulis Profesor Imunologi Komparatif di Universitas Bristol, Inggris, Mick Bailey, dikutip The Conversation.

Menurut Bailey, sampai hal ini diperiksa atau dibuktikan dalam penelitian kasus-kontrol, tautan apa pun tidak lebih dari sekadar hipotesis.

Jadi apa kemungkinan penyebab lonjakan kasus hepatitis pada anak-anak, dan mungkinkah salah satunya terkait dengan anjing?

Hingga kini kemungkinan terbesar dari penyebab hepatitis akut pada anak adalah infeksi adenovirus, yang telah terdeteksi dalam darah 72 persen pasien yang diuji.

Sementara peneliti mengidentifikasi jenisnya adalah adenovirus 41 (Ad41), jenis virus yang meninfeksi manusia dan menyebabkan diare pada anak-anak
Meski anjing juga dapat terinfeksi adenovirus, yang menyebabkan penyakit pernapasan atau hepatitis, virus tidak diketahui bisa menginfeksi manusia. Adenovirus 41 pun tidak diketahui memiliki hubungan dengan anjing.

"Kasus pada anak-anak juga tidak menunjukkan bahwa penyakit ini termasuk infeksi menular. Sama halnya dengan tautan bahwa kasus ini ditularkan oleh anjing ke anak," smabung Bailey.

Kemungkinan penyebab lain dari hepatitis akut pada anak ini adalah akibat sistem kekebalan yang bekerja secara tidak benar, baik terlalu kuat atau tidak cukup kuat melawan infeksi. [Irm]


Komentar Pembaca