Arti Barakallah dan Cara Menjawabnya

Kajian  SABTU, 14 MEI 2022 | 11:10 WIB

Arti Barakallah dan Cara Menjawabnya

Net

Arti Barakallah menjadi doa baik yang diberikan seseorang pada orang lain. Arti Barakallah adalah ungkapan bahasa Arab yang sering terdengar dalam kehidupan sehari-hari.

Biasanya, arti Barakallah digunakan sebagai ucapan terima kasih. Islam mengajarkan untuk selalu berterima kasih dan bersyukur. Ini berlaku bagi berterima kasih pada sesama manusia atau dengan Allah SWT. 

Ada banyak versi arti Barakallah tergantung pada penggunannya. Mengetahui arti barakallah akan membuatmu tahu bagaimana cara menggunakannya.

Dari mengetahui arti barakallah, kamu juga bisa menentukan bagaimana cara menjawabnya dengan baik. Berikut arti barakallah, penggunan, dan cara mejawabnya.

Arti Barakallah

Barakallah adalah ungkapan yang digunakan oleh umat Islam untuk mengucapkan terima kasih, biasanya kepada orang lain. Barakallah terdiri dari dua kata, barakah dan Allah. Barakah berarti berkah atau memberkati. Allah artinya Tuhan Semesta Alam. Barakallah berarti Berkah Allah.

Ada banyak bentuk ucapan Barakalllah dengan banyak arti. Barakallah biasanya digunakan ketika menanggapi seseorang yang mengucapkan Jazakallah untuk menunjukkan bahwa mereka menyadari bahwa itu adalah berkah Tuhan dan bukan milik mereka yang sedang ditransmisikan.

Arti Barakallahu Fiikum

Arti Barakallahu Fiikum atau dalam bahasa Arab tertulis بارك الله فيك adalah ungkapan syukur dan terima kasih yang diberikan seseorang ke orang lain. Barakallahu Fiikum diucapkan dalam beragam variasi frasa seperti Barakallhu Fiik, Barakallahu Fiika, ataupun Barakallhu Fiiki.

Barakallahu Fiikum terdiri dari bakta Barakah, Allah, dan Fikum. Barakah berarti berkah atau memberkati. Allah artinya Tuhan Semesta Alam, dan Fikum artinya "di dalam kamu". Jika digabungkan, arti Barakallahu Fiikum adalah "Semoga Allah Memberkati" atau "semoga berkah Allah selalu ada dalam dirimu".

Barakallah Fii Umrik

Barakallah Fii Umrik sering diucapkan ketika seseorang berulang tahun. Arti Barakallah fii umrik adalah “semoga Allah SWT memberikan berkah kepada umurmu” atau “semoga Allah SWT memberikan berkah kepada kelahiranmu” atau “semoga Allah SWT memberikan berkah kepada kehidupanmu.”

Ucapan ini sering kali duberikan untuk teman ataupun keluarga yang sedang berulang tahun sebagai ucapan selamat ulang tahun. Tujuan utama mengucapkan barakallah fii umrik artinya yakni mendoakan agar orang lain diberi keberkahan.

Penggunaan Barakallah

Arti Barakallah, khususnya Barakallahu Fiikum sering dikatakan sebagai ungkapan terima kasih kepada orang lain. Meski arti Barakallahu harfiahnya bukan terima kasih, ia justru merupakan ekspresi untuk menunjukkan rasa syukur dan berkat langsung dari Tuhan kepada orang tersebut.

Biasanya, Barakallahu Fiikum dikatakan sebagai tanggapan terhadap seseorang yang mengucapkan Jazakallah atau Jazakallah Khiran. Jazakallahu Khair merupakan ungkapan terimakasih kepada orang yang berbuat baik termasuk juga bentuk syukur kepada Allah SWT. Ini diucapkan untuk menunjukkan bahwa mereka menyadari bahwa itu adalah berkah Tuhan dan bukan milik mereka yang sedang ditransmisikan.

Selain digunakan sebagai ucapan terima kasih atau membalas ucapan Jazakallah, Barakalallah juga digunakan sebagai ucapan dalam sejumlah kondisi. Kamu bisa mengucapkan Barakalallah pada orang yang baru menikah, berulang tahun, memperoleh rezeki, melahirkan, dan bentuk-bentuk kebahagiaan orang lainnya.

Cara menjawab ucapan Barakallah

Ketika mendapatkan ucapan Barakallah Fiikum, Barakallah Fii Umrik, dan sejenisnya, ada beberapa cara untuk menjawabnya. Jawaban ini merupakan wujud terima kasih sekaligus doa. Berikut cara menjawab ucapan Barakallah:

- Wa Fiihim Barakallah: artinya Allah memberkahi mereka semua. Jawaban ini digunakan ketika subjeknya jamak atau lebih dari satu orang baik pria atau wanita.

- Wa Fiikum Barakallah: artinya Allah memberkahi kalian semua. Digunakan jika subjeknya jamak dapat terdiri lebih dari satu orang baik pria atau wanita.

- Wa Fiiki Barakallah: artinya Allah memberkahimu. Jawaban ini digunakan jika subjeknya seorang wanita tunggal.

- Wa Fiika Barakallah artinya Allah memberkahimu. Jawaban jika subjeknya seorang pria tunggal. [Irm]


Komentar Pembaca