Simak Nasihat Buya Yahya, Jika ingin Hati Menjadi Tenang

Kajian  JUMAT, 13 MEI 2022 | 23:00 WIB

Simak Nasihat Buya Yahya, Jika ingin Hati Menjadi Tenang

Net

Buya Yahya sangat populer, dengan nasihat tuntunan syariat Islam yang mudah di pahami dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari hari.

Seperti dikutip dari YouTube Al Bahjah TV, Buya Yahya menyampaikan bagaimana cara agar hati selalu tenang menurut syariat Islam.

Buya Yahya yang merupakan, Pengasuh Lembaga Pengembangan Da'wah dan Pondok Pesantren Al-Bahjah ini mengatakan, ketenangan hati akan didapatkan dengan menata pikiran.

"Untuk mendapatkan ketenangan, yang perlu ditata adalah pikiran dan hati," nasihat Buya Yahya.

Sebab menurut Buya Yahya, untuk mendapatkan ketenangan hati perlu mengatur cara berpikir sesuai syariat Islam.

“Kalau hati dan pikiranmu di sambungkan dengan hal yang bikin gelisah, maka gelisah," ucap Buya Yahya.

Dalam ceramahnya Buya Yahya juga mengatakan, setiap orang bisa mencari keindahan dunia, tetapi tidak boleh menggantungkan nasibnya kepada dunia, melainkan semata-mata hanya kepada Allah SWT.

“Orang boleh mencari dunia tapi tidak boleh menggantungkan hatinya dengan dunia. Sehingga orang kalau menggantungkan hatinya, mengikat hatinya dengan dunia, disaat tidak mendapatkannya dia gelisah, disaat mendapatkannya pun susah.”

“Maka, ketenangan sesungguhnya hanya kepada Allah SWT," sambung Buya Yahya.

Buya Yahya juga mengatakan, bahwa sesungguhnya urusan kita sebagai manusia bukan kepada ciptaan-Nya melainkan kepada sang pencipta, Allah SWT tuhan yang maha esa.

"Nah ini urusan hati kita dengan siapa?, Dengan Allah SWT. Kalau hati kita memang sudah diikat digantungkan kepada Allah SWT, apapun akan tenang," terang Buya Yahya.

Lebih jauh Buya Yahya menerangkan, disaat sakit sekalipun akan tetap tenang, jika pikiran anda di arahkan menurut tuntunan syariat Islam.

“Sakit hanya jasadnya, tapi kalau dia kenal Allah SWT, dia tau bahwa dia akan ada imbalan di hadapan Allah SWT. Maka rasa sakit akan menjadi reda, tidak semakin sakit," tegas Buya Yahya.

Kemudian Buya Yahya mengutip ayat dalam Al Quran Suarah Ar-Rad, ada ayat yang berbunyi: “Ala bidzikrillahi tathmainnul-qulub.”

“Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah (berdzikir), hati menjadi tenteram.”

Sederhananya menurut Buya Yahya, ketenangan hati akan di dapatkan dengan terus mengingat Allah SWT, dan bukan pada sesuatu yang berkaitan dengan dunia saja.

“Bukan kegembiraanmu di balik tumpukan hartamu," terang Buya Yahya.

Buya Yahya juga mengungkapkan, banyak keluarga yang secara materi kekurangan akan tetapi bisa mendapatkan ketenangan hati dan kebahagiaan, dan justru orang kaya secara materi, terus dihantui dengan kegelisahan.

Sebelum mengakhiri ceramahnya, Buya Yahya mengingatkan agar terus mengingat Allah SWT agar ketenangan hati akan terus didapatkan.

"Ingat Allah SWT akan menemukan ketentraman. Sebab susah yang sebenarnya, disaat dia jauh dari Allah SWT," tutup Buya Yahya. [Irm]


Komentar Pembaca