Umat Islam Diminta Berdoa Ketika Kesusahan, Termasuk Alami Cuaca Panas

Kajian  JUMAT, 13 MEI 2022 | 21:15 WIB

Umat Islam Diminta Berdoa Ketika Kesusahan, Termasuk Alami Cuaca Panas

Net

Dalam islam, Allah SWT mengajarkan agar umatnya selalu berdoa dan mengadu kepada-Nya dalam keadaan apapun, termasuk saat menghadapi cuaca panas seperti saat ini.

Cuaca panas yang sedang melanda beberapa wilayah Indonesia saat ini, cukup menyiksa karena suhu bisa mencapai 36 derajat celcius di beberapa daerah.

Cuaca panas memang cukup mengganggu bahkan bisa menyebabkan sebagian orang sakit atau mengalami kondisi kesehatan tertentu.

Saat menghadapi cuaca panas yang cukup ekstrem, umat muslim juga bisa membaca doa untuk berlindung dari bencana dan musibah, khususnya doa berlindung dari kesengsaraan, kesusahan dan hilangnya nikmat sebagaimana dilansir dari buku Doa dan Wirid yang ditulis oleh Yazid bin Abdul Qadir Jawas.

Doa ini diriwayatkan oleh HR. Muslim no 2739 dengan bacaan sebagai berikut :

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ وَجَمِيعِ سَخَطِكَ

" Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya kenikmatan yang telah Engkau berikan, dari berubahnya kesehatan yang telah Engkau anugerahkan, dari siksa-Mu yang datang secara tiba-tiba, dan dari segala kemurkaan-Mu.". [Irm]


Komentar Pembaca