Surabaya Jadi Kota Terpanas Sepekan Belakangan

Daerah  JUMAT, 13 MEI 2022 | 15:15 WIB

Surabaya Jadi Kota Terpanas Sepekan Belakangan

Net

Kota Surabaya, Jawa Timur, menjadi kota terpanas di Indonesia dalam kurun waktu sepekan belakangan, berdasarkan catatan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). 

Selain Surabaya, wilayah Ciputat, Tangerang Selatan dan Kota Bekasi juga sempat menjadi mencatat suhu harian teringgi di pekan ini.

Dari data BMKG, Surabaya mencatat suhu maksimum harian tertinggi pekan ini terjadi pada tanggal 12 Mei 2022. Suhu di Kota Pahlawan itu mencapai angka 36.4 derajat celcius.

"Sementara untuk sepekan terakhir hingga 13 mei 2022 suhu maksimum tertinggi terukur alat BMKG terjadi di surabaya: 36.4 C," kata Kabid Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG Miming Saefudin saat dikonfirmasi, Jumat (13/5/2022).

Sementara itu, suhu di Ciputat dan Bekasi pernah mencapai angka 36 derajat celcius pada tanggal 8 Mei 2022 yang lalu. Penyebabnya, kontur wilayah yang terdiri dari bangunan perkotaan dan minim pepohonan.

"Di wilayah Ciputat dan sekitarnya yang diukur dari BMKG dan Geofisika II antara periode tanggal 1-13 Mei 2022 menunjukkan nilai yang berkisar antara 33.8-36 C. Demikian juga di Bekasi terukur suhu kisarannya 34-36 C, suhu hingga 36 C di Bekasi terukur pada tanggal 08 Mei," terang Miming.

"Dipengaruhi oleh posisi lintang, topografi, jarak dari lautan, sirkulasi udara, dan faktor lokal seperti tutupan lahan. Banyak tidaknya pepohonan, atau dominasi pembangunan perkotaan," sambungnya.

Lebih lanjut, Miming mengatakan suhu panas di Tanah Air diperkirakan akan terus terjadi sepanjang bulan Mei. Dia meminta masyarakat untuk tetap waspada.

"Sehingga prediksi yang saat ini kemungkinan di Mei masih perlu diwaspadai," jelas Miming.

Diketahui, data suhu maksimum harian itu dilihat dari sejumlah stasiun cuaca milik BMKG yang tersebar di beberapa kota di Indonesia yang ditampilkan lewat situs resmi. Di surabaya, suhu maksimum harian terpantau lewat Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Perak sedangkan Ciputat, terpantau lewat Balai Besat Wilayah 2 Ciputat. [Irm]

 


Komentar Pembaca