Vakum Kekuasaan, Mantan PM Diangkat Kembali

Internasional  JUMAT, 13 MEI 2022 | 15:00 WIB

Vakum Kekuasaan, Mantan PM Diangkat Kembali

Mantan Perdana Menteri Sri Lanka Ranil Wickremesinghe yang telah lima kali menjabat, diangkat kembali kemarin  dalam upaya menstabilkan negara pulau itu, yang dilanda krisis politik dan ekonomi.

"Ia dilantik sebagai perdana menteri malam ini karena sejumlah anggota Parlemen memintanya untuk mengambil alih dan menyelesaikan masalah-masalah negara," kata Vajira Abeywardena, seorang pejabat Partai Persatuan Nasional pimpinan Wickremesinghe. dilansir VOA, Jumat (13/5/2022).

Abeywardena menambahkan, lebih dari 160 dari 225 anggota parlemen mendukung pemilihan Wickremesinghe, tetapi informasi ini tidak bisa dikukuhkan pihak ketiga. Tidak ada komentar langsung dari Presiden Gotabaya Rajapaksa yang berwenang untuk menunjuk perdana menteri.

Jika Rajapaksa memilih Wickremesinghe, itu akan tampak sebagai usaha mengakhiri kekerasan yang dipicu oleh krisis dan memulihkan kredibilitas internasional, sementara pemerintahnya merundingkan paket talangan (bailout) dengan Dana Moneter Internasional dan rencana restrukturisasi (penyusunan kembali) utang.

Saudara laki-laki presiden, Mahinda Rajapaksa mengundurkan diri sebagai perdana menteri hari Senin, menyusul serangan kekerasan oleh pendukung mereka terhadap pemrotes damai yang antipemerintah. Pengunduran dirinya secara otomatis membubarkan Kabinet, sehingga menyebabkan kekosongan pemerintahan.

Otoritas Srilanka mengerahkan kendaraan lapis baja dan pasukan di jalan-jalan ibukota hari Rabu, setelah serangan terhadap para pengunjuk rasa memicu gelombang kekerasan di seluruh negeri. Sembilan orang tewas dan lebih dari 200 orang luka-luka. [ros]


Komentar Pembaca