Teten Targetkan KUR Naik 96 Persen dari Tahun Lalu

Ekonomi  KAMIS, 12 MEI 2022 | 21:30 WIB

Teten Targetkan KUR Naik 96 Persen dari Tahun Lalu

Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) menargetkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) 2022 sebesar Rp500 triliun, atau naik 96 persen dibandingkan tahun lalu yang jumlahnya hanya Rp190 triliun.

Target dan harapan itu disampaikan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki Teten Masduki pada Rapat Rapat Koordinasi Tingkat Menteri tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional di Jakarta, Kamis (12/5/2022).

Dikatakan Menteri Teten, pihaknya menargetkan perbankan menyalurkan KUR ke Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebesar Rp500 triliun tahun ini, sesua perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Presiden menargetkan kredit untuk sektor UMKM naik menjadi lebih dari 30 persen dari total kredit pada 2024.

"Presiden sudah menetapkan 30 persen kredit perbankan untuk UMKM. Maka KUR akan terus dinaikkan," tandas Menteri Teten.

Menurut dia, KUR yang sudah disalurkan oleh pihak perbankan baru sekitar Rp373 triliun. Angka tersebut naik 96 persen dari KUR yang disalurkan untuk UMKM pada 2021, yakni Rp190 triliun.

Dikatakannya, "Itu akan terus ditambah sampai nanti porsi kredit perbankan itu 30 persen untuk UMKM. Kami ingin meningkatkan sampai sekitar Rp400 triliun tapi presiden minta Rp500 triliun tahun ini. Mudah-mudahan tercapai."

Senada dengan itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Plate mengatakan bahwa Pemerintah memberikan keringanan bagi UMKM penerima KUR, berupa penundaan angsuran pokok, relaksasi perpanjangan waktu jatuh tempo, dan penambahan limit plafon bagi penerima KUR terdampak pandemi.

Ditegaskannya,"Langkah ini diambil untuk memberi kemudahan dan lompatan besar bagi UMKM untuk memperkuat permodalan mereka. Berbagai relaksasi juga diberikan untuk memberikan kemudahan bagi para pelaku UMKM untuk tetap menjaga usahanya di tengah pandemi."

Menurut Menteri Johnny, pemerintah akan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak, mulai hulu hingga hilir demi meningkatkan efektivitas penyaluran KUR, diikuti pembinaan berkelanjutan guna menambah kapabilitas digital UMKM.[ros]


Komentar Pembaca