KTT ASEAN-AS, Dukungan Ekonomi China Meroket

Internasional  RABU, 11 MEI 2022 | 11:00 WIB

KTT ASEAN-AS, Dukungan Ekonomi China Meroket

Tak dapat dipungkiri bahwa China unggul dalam pemberian dukungan pembangunan ekonomi terhadap Asia Tenggara, wilayah berpenduduk 680 juta orang. Karena itu dipastikan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Negara-negara ASEAN dengan para pemimpin Amerika Serikat (AS) akan memberikan tekanan kepada Negeri Paman Sam.

Demikian dikatakan para analis seperti dilansir dari VOA, Rabu (11/5/2022), di mana mereka menyebut, negara-negara ASEAN ingin menghindari ketergantungan yang berlebihan pada perdagangan dan investasi China.

Tetapi, kata para analis itu, kawasan ASEAN hanya mendapat sedikit bantuan dari Amerika. Prospek lebih banyaknya dukungan ekonomi AS bisa menjadi landasan kuat bagi KTT Khusus AS-ASEAN yang akan berlangsung Kamis dan Jumat, 12-13 Mei 2022.

“Sudah banyak penekanan mengenai aspek politik dan keamanan, dan inisiatif ekonomi tampaknya tertinggal,” kata Aaron Rabena, peneliti di Asia Pacific Pathways to Progress Foundation di Manila.

Para pemimpin ASEAN - blok Perhimpunan 10 negara Asia Tenggara , diagendakan bertemu dengan perwakilan bisnis Amerika, Perwakilan Dagang AS Katherine Tai dan Menteri Perdagangan Gina Raimondo pada KTT Kamis untuk "membahas kerja sama ekonomi."

China dan Amerika bersaing di sebagian besar wilayah dunia untuk mendapatkan dukungan dari negara-negara yang lebih kecil, ketika pemerintah di Beijing melakukan ekspansi ke luar negeri secara ekonomi maupun militer.

Para pejabat AS yang mewaspadai pengaruh China atas Asia Tenggara secara berkala mengirim kapal perang ke Laut China Selatan dan mengadakan latihan militer bersama dengan negara-negara seperti Filipina. [ros]


Komentar Pembaca
Alhamdulillah Indonesia Punya Vaksin

Alhamdulillah Indonesia Punya Vaksin

Senin, 27 Juni 2022 | 21:12

Hotman Paris Sowan Ke Ketua Mui

Hotman Paris Sowan Ke Ketua Mui

Senin, 27 Juni 2022 | 13:05