Wapres di Istiqlal, Presiden di Yogya, Ada Alasannya..

POLKAM  SENIN, 02 MEI 2022 | 11:11 WIB

Wapres di Istiqlal, Presiden di Yogya, Ada Alasannya..

Wapres Shalat Id di Masjid Istiqlal

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama sejumlah pejabat melaksanakan Shalat Idul Fitri di Yogyakarta. Sedangkan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin Shalat Id di Masjid Istiqlal Jakarta. Ternyata, memang ada pembagian tugas.

Demikian terungkap dari pernyataan Wakil Menteri Agama  (Wamenag) Zainut Tauhid, Senin (2/5/2022) pagi, di mana ia menyebutkan bahwa Presiden memang tidak Shalat Idul Fitri 1443 H di Jakarta.

Mengapa demikian? Dikatakan Wamenag, Presiden Jokowi berbagi tugas dengan anggota kabinetnya,  untuk shalat di berbagai tempat di Indonesia. Menurut Presiden, Indonesia terbentang dari Sabang sampai Merauke. Karenanya harus ada pembagian tugas.

Diberitakan sebelumnya, Presiden  Jokowi melaksanakan Shalat Idul Fitri di Yogyakarta. Sementara itu, di Jakarta, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin melaksanakan  Shalat Id di Masjid Istiqlal.

"Presiden bagi tugas dengan Bapak Wakil Presiden. Beliau ada di Yogyakarta, bapak wapres di Jakarta. Berbagai tugas, karena seluruh Indonesia harus disapa," kata Wamenag.

Menurutnya, Indonesia ini bentangannya dari Sabang sampai Merauke. Presiden Jokowi melaksanakan Shalat Idul Fitri di Yogyakarta karena kota tersebut pernah menjadi Ibu Kota Negara Indonesia.

"Yogyakarta merupakan kota bersejarah yang pernah jadi ibu kota kita. Saya kira beliau memiliki alasan khusus Lebaran di Yogyakarta," ujarnya.

Ia sendiri mengaku telah berbagi tugas dengan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas perihal salat Idulfitri. Saat dirinya salat di Masjid Istiqlal, Yaqut memilih di lokasi lain.

"Pak Menteri juga bagi tugas. Saya ditugaskan di sini," ucapnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Fadel Muhammad menyayangkan Presiden RI Joko Widodo tidak melaksanakan salat Idul Fitri di Jakarta, terutama di Masjid Istiqlal.

"Kenapa Presiden tidak melaksanakan IdulFitri di Ibu Kota? Padahal ini (Istiqlal) pertama kali dibuka setelah dua tahun," kata Fadel kepada wartawan di Masjid Istiqlal.

Usai Shalat Id, Presiden Jokowi bersama Ibu Iriana, Kaesang Pengarep dan Jan Ethes bersilaturahmi dengan Sri Sultan HB X. [ros]


Komentar Pembaca