Jumlah Pemudik dari Bandara Soetta Akan Menurun

Nasional  SABTU, 30 APRIL 2022 | 22:10 WIB

Jumlah Pemudik dari Bandara Soetta Akan Menurun

Net

Puncak arus mudik di Bandara Soekarno-Hatta sudah dilewati. Sehingga, Angkasa Pura II (AP II) menyebut jumlah pemudik yang berangkat dari Bandara Soetta akan menurun.

Presiden Direktur AP II Muhammad Awaluddin menyebut jumlah pemudik yang akan berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta pada hari ini atau H-2 di atas 125 ribu penumpang. Namun esok hari akan lebih rendah dari angka tersebut.

"Jadi sebenarnya, kalau kita berbicara distribusi (penumpang) 28, 29, 30 April itu relatif hampir sama. Hanya saja yang paling besar itu memang pada 28 April di angka sekitar kurang lebih 136 ribu pergerakan penumpang khusus untuk Bandara Soetta," katanya kepada wartawan di Bandara Soetta, Sabtu (30/4/2022).

"Dan besok adalah hari terakhir menuju Lebaran Idul Fitri, H-1 jadi kami memperkirakan juga akan lebih turun juga dibanding hari ini. Karena masyarakat sudah terdistribusi melakukan perjalanannya sejak H-5 menuju Lebaran," imbuhnya.

Awaluddin juga menjelaskan diprediksi ada 4 juta penumpang hingga periode mudik Lebaran 2022 ini usai, yaitu mulai 25 April hingga 8 Mei 2022.

"Bahwa perkiraan kami sampai akhir nanti pada 10 Mei 2022 kita memperkirakan kurang lebih akan menembus angka sekitar 4 juta penumpang untuk 20 bandara AP II," tambahnya.

Ia membeberkan destinasi domestik yang paling diminati saat ini ialah Bandara Kualanamu di Deli Serdang. Sementara itu, di posisi kedua ada destinasi menuju ke Bali.

Menurutnya, ini unik karena ini menandakan bahwa penumpang bukan saja untuk mudik. Tetapi juga ada penumpang yang bertujuan untuk wisata.

"Saya rasa itu fenomena ini kan mudik Lebaran juga liburnya panjang. Jadi dimanfaatkan oleh masyarakat waktu luang untuk liburan ke Bali," ucapnya. [Irm]


Komentar Pembaca
Alhamdulillah Indonesia Punya Vaksin

Alhamdulillah Indonesia Punya Vaksin

Senin, 27 Juni 2022 | 21:12

Hotman Paris Sowan Ke Ketua Mui

Hotman Paris Sowan Ke Ketua Mui

Senin, 27 Juni 2022 | 13:05