Ma'ruf Amin Akan Salat Id di Masjid Istiqlal

Nasional  SELASA, 26 APRIL 2022 | 22:40 WIB

Ma'ruf Amin Akan Salat Id di Masjid Istiqlal

Net

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin berencana salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Ma'ruf mengatakan setelah itu dia akan mudik ke Banten.

"Saya sendiri mungkin saya akan salat di Jakarta. Mungkin saya di Istiqlal, saya akan mengambil... rencana yang saya ambil," kata Ma'ruf Amin di Istana Wakil Presiden seperti dalam rekaman video dari Setwapres, Selasa (26/4/2022).

Setelah salat Idul Fitri di Istiqlal, Ma'ruf akan mudik ke Banten. Ma'ruf Amin menyebut lokasi mudiknya sangat dekat dari Jakarta.

"Kalau mudiknya saya tidak jauh, saya kan mudik dekat sekali di Banten situ, satu setengah jam. Jadi mudik buat saya itu satu bulan bisa dua kali, ha-ha..., jadi karena memang dekat," jelasnya.

Selain itu, Ma'ruf Amin meminta masyarakat yang hendak mudik senantiasa menaati protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19. Dia juga mengimbau warga untuk menerima vaksinasi dosis ketiga atau penguat (booster).

"Hanya pemerintah minta supaya tetap menjaga protokol kesehatan, vaksinasinya supaya di-booster, supaya aman," katanya.

Ma'ruf juga mengimbau warga untuk melakukan perjalanan mudik lebih dahulu agar terhindar dari puncak kemacetan arus mudik.

"Dan memang diharapkan mudiknya tidak pada waktu serempak, sehingga berbarengan itu akan bertumpuk nanti di jalan nanti bisa dua hari, tiga hari sampai ke daerah di Jawa Tengah. Jadi, malah Presiden supaya cepat-cepat dia mudik itu. Sehingga terjadi apa namanya mudik yang berangsur-angsur," kanya.

Ma'ruf mewanti-wanti agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan sehingga tak membawa virus Corona saat mudik. Dia berharap mudik tahun ini berjalan lancar.

"Saya kira begitu juga pulangnya diharapkan seperti itu, sehingga semuanya bisa menjadi lancar. Jangan membawa COVID dari Jakarta ke daerah, atau dari pusat-pusat ke daerah. Dan sebaliknya jangan bawa dari daerah ke pusat. Nah, ini yang harus dijaga protokol kesehatannya," tutur dia.

Lebih lanjut, Ma'ruf Amin mengatakan pemerintah memang membolehkan masyarakat untuk menggelar salat Idul Fitri di lapangan hingga masjid. Namun Ma'ruf kembali mengingatkan agar protokol kesehatan diterapkan saat salat Idul Fitri nanti.

"Begitu juga di dalam rangka pelaksanaan Idul Fitri nanti, nah memang kita membolehkan (salat Id) di masjid, di lapangan, semua boleh, hanya memang protokol kesehatan dijaga, itu," katanya. [Irm]


Komentar Pembaca