Faedah Rohani dan Jasmani Shalat Tarawih

Kajian  SELASA, 26 APRIL 2022 | 10:00 WIB

Faedah Rohani dan Jasmani Shalat Tarawih

MoeslimChoice.Imam Abu Zakaria Yahya bin Syaraf an-Nawawi (wafat 676 H), dalam kitabnya menyebutkan, ibadah malam di Bulan Ramadan sangat dianjurkan. Tujuannya selain meraih pahala dan anugerah dari Allah, dengan harapan diampuni segala dosa yang pernah diperbuat sebelum Ramadan.

Ibadah tersebut, menurut Imam Nawasi, adalah Shalat Tarawih seperti dikatakannya:

وَالْمُرَادُ بِقِيَامِ رَمَضَانَ صَلَاةُ التَّرَاوِيْحِ

Artinya, “Dan yang dimaksud (hadits) beribadah pada malam hari bulan Ramadhan adalah dengan shalat tarawih.” (Imam Nawawi, Syarhun Nawawi ‘ala Muslim, [Beirut, Darul Ihya’ at-Turats: 1392], juz VI, halaman 39).

Menurut Imam Nawawi, dilansir dari laman nu.or.id pada Selasa (26/4/2022, Shalat Tarawih merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan (sunnah muakkadah). Waktunya pada Bulan Ramadhan setelah Shalat Isya. Shalat Tarawih dianjurkan berjamaah di tempat-tempat yang ramai, seperti masjid dan mushala, karena merupakan bagian dari syiar Islam yang harus ditampakkan.

Apa saja manfaat dan faidah yang didapatkan dengan Shalat Tarawih?  Jika dilihat dari perspektif hadits melalui penjelasan para ulama, dan perspektif lainnya, Shalat Tarawih memiliki dua faidah yang sangat penting:
1.Faedah Secara Rohani, berupa diampuninya segala dosa;
2.Faedah Secara Jasmani, berupa sehatnya badan dan terhindar dari berbagai penyakit.

Pertama, Faedah Rohani
Sebagaimana dijelaskan dalam hadits riwayat Abu Hurairah di atas, bahwa orang yang beribadah pada malam di Bulan Ramadhan dengan melakukan Shalat Tarawih, maka Allah akan mengampuni semua dosa-dosanya yang telah berlalu.

Dosa apakah yang akan diampuni? Menurut Imam Nawawi dalam kitabnya, mencakup dosa kecil saja. Dengan kata lain, Allah hanya memberi ampunan atas dosa kecil, sedangkan dosa besar yang pernah dilakukan oleh seseorang tidak bisa diampuni hanya dengan Shalat Tarawih.

Untuk diampuni, maka membutuhkan tobat dan penyesalan. Tapi, kata Imam Nawawi, dengan Shalat Tarawih, Allah ubah dosa besar berubah menjadi dosa kecil.

Dengan demikian, Allah akan memberi ampunan atas dosa tersebut. (an-Nawawi, Syarhun Nawawi ‘ala Muslim, [Beirut, Darul Ihya’ at-Turats: 1392], juz VI, halaman 40).

Senada dengan pendapat di atas, Syekh Muhammad Syamsul Haq Abu at-Thayyib dalam salah satu kitabnya juga menjelaskan bahwa dosa yang dimaksud pada hadits di atas adalah dosa kecil, namun tidak menutup kemungkinan bahwa Allah akan memberi ampunan atas semua dosa-dosa besar

 أَيْ مِنَ الصَّغَائِرِ وَيُرْجَى غُفْرَانُ الْكَبَائِرِ

Artinya, “Yaitu, mulai dari dosa-dosa kecil, dan diharapkan ampunan dosa besar.” (Abu ath-Thayyib, ‘Aunul Ma’bud Syarh Sunan Abi Daud, [Beirut, Darul Kutub Ilmiah: 1415], juz IV, halaman 171).

Kedua, Faedah Jasmani
Shalat Tarawih memiliki manfaat bagi jasmani, yaitu untuk kesehatan badan serta terhindar dari penyakit-penyakit makanan yang dikonsumsi ketika berbuka puasa.

Syekh Muhyiddin Mistu dalam kitabnya menjelaskan faedah Shalat Tarawih menggunakan perspektif jasmani. Dalam kitabnya disebutkan

صَلَاةُ التَّرَاوِيْحِ سُنَّةٌ مُؤَكَّدَةٌ لِلرِّجَالِ وَالنِّسَاءِ وَهِيَ عِشْرُوْنَ رَكْعَةً وَتُفِيْدُ هَضْمَ الطَّعَامِ وَتَنْشِيْطَ الْجِسْمِ وَمَغْفِرَةَ الذُّنُوْبِ

Artinya, “Shalat Tarawih sangat dianjurkan bagi laki-laki dan perempuan, yaitu terdiri dari 20 rakaat, dan berfaidah menghancurkan makanan (dalam perut), membangkitkan semangat badah, dan ampunan dosa-dosa.” (Syekh Muhyiddin Mistu, as-Shawmu Fiqhuhu wa Asraruhu, [Beirut, Darul Qalam: 1979], halaman 111).[ros]

 


Komentar Pembaca
Alhamdulillah Indonesia Punya Vaksin

Alhamdulillah Indonesia Punya Vaksin

Senin, 27 Juni 2022 | 21:12

Hotman Paris Sowan Ke Ketua Mui

Hotman Paris Sowan Ke Ketua Mui

Senin, 27 Juni 2022 | 13:05