Elektabilitas Sandiaga Uno Sebagai Calon Wapres 2024 Posisi Teratas

POLKAM  SENIN, 25 APRIL 2022 | 11:09 WIB

Elektabilitas Sandiaga Uno Sebagai Calon Wapres 2024 Posisi Teratas

net

Berdasarkan Survei Populi Center, elektabilitas Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno sebagai calon wakil presiden atau cawapres 2024 berada di posisi teratas.

Melansir Wartaekonomi.co.id Sandiaga Uno mendapatkan elektabilitas dalam bursa cawapres di angka 16,6 persen. Sandi dinilai sudah memiliki citra wapres sehingga mendapatkan kepercayaan publik.

"Ini menarik karena Sandiaga sosok yang sudah pernah kontestasi di 2019. Citra Wapres sudah terbentuk," kata Deputi Direktur Eksekutif Populi Center Rafif Pamenang Imawan dalam rilis survei yang digelar secara daring, Minggu (24/4/2022).

Adapun angka tersebut diperoleh dari survei dengan pertanyaan terbuka mengenai tokoh yang akan dipilih sebagai cawapres. Pertanyaan itu adalah "jika pemilihan presiden diadakan hari ini, siapakah tokoh yang akan Anda pilih sebagai wakil presiden?"

Sementara itu, posisi kedua sosok cawapres yang dipercaya publik adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Anies mendapatkan elektabilitas sebesar 8,6 persen.

Sedangkan Menteri BUMN Erick Thohir berada di uratan ketiga, dengan angka elektabilitas 5,8 persen. Lalu disusul Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 5 persen.

Kemudian di posisi kelima ada Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dengan 3,8 persen. Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto 3,7 persen.

Selanjutnya ada Komisaris Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang meraih elektabilitas 3,6 persen, Menteri Sosial Tri Rismaharini 2,9 persen, Ketua DPR Puan Maharani 2,1 persen, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 2,1 persen.

Sedangkan nama-nama lain tidak banyak dibahas karena berada di bawah angka 2 persen.

"Nama-nama lainnya di bawah 2 persen," kata Rafif.

Walau menempati posisi teratas, Rafif menyebut Prabowo dan Anies tak begitu dipertimbangkan untuk posisi cawapres. Pasalnya, keduanya diketahui bakal berjuang untuk menjadi capres.

"Jadi kalau dilihat posisinya yang perlu diperhatikan Ridwan Kamil dan Erick karena Sandiaga dan Anies bisa jadi incar R1. Juga AHY dan Prabowo," tambahnya.

Sebagai informasi, Survei Populi ini digelar pada 21-29 Maret 2022 dengan jumlah responden 1.200 orang yang tersebar proporsional di 34 Provinsi di Indonesia. Responden dipilih menggunakan metode acak bertingkat.

Pengambilan data dalam survei menggunakan metode wawancara tatap muka. Survei memiliki margin of error kurang lebih 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. [irm]


Komentar Pembaca