Mengenal Layanan Kredit Mobil Syariah dan Asuransi Mobil Syariah

Ekonomi  MINGGU, 24 APRIL 2022 | 20:35 WIB

Mengenal Layanan Kredit Mobil Syariah dan Asuransi Mobil Syariah

Foto ilustrasi/net

Membeli mobil bagi sebagian orang menjadi kebutuhan, bisa mencoba menggunakan layanan kredit mobil syariah dan asuransi mobil syariah.

Layanan jenis ini semakin banyak diminati apalagi di Indonesia masyarakatnya memang mayoritas umat muslim.

Namun, sebelum memilikinya pastikan mengenal produk kredit ini luar dan dalam. Memangnya apa keuntungan kredit mobil syariah? Berikut penjelasannya.

Tentang Kredit Mobil Syariah

Layanan kredit mobil syariahbisa diakses di perbankan dan leasing yang mengusung konsep tersebut. Layanan satu ini merupakan layanan yang memiliki dasar hukum jelas di Indonesia.
 
Dasar hukumnya sendiri adalah dari Fatwa DSN-MUI Nomor 4 Tahun 2000 mengenai Murabahah.

Secara sederhana, konsep kredit dan asuransi mobil syariah adalah melayani pembelian mobil secara kredit dengan menggunakan hukum Islam sebagai landasannya. Sehingga tidak ada riba dalam bentuk bunga dari proses kredit jenis ini.
 
Bagi umat muslim yang ingin bebas dari riba dan tidak memungkinkan membeli mobil secara tunai bisa memanfaatkannya.

Perbedaannya dengan Kredit Konvensional.

Beberapa orang merasa sukar untuk membedakan antara asuransi mobil konvensionaldengan syariah. Maka bisa membaca detail berikut ini:

• Sumber pendanaan; pada kredit mobil syariah maka sumber dana didapatkan dari bank syariah. Sementara kredit konvensional bersumber dari bank konvensional juga.

• Dasar transaksi; pada kredit mobil berbasis syariah dasar transaksinya adalah jual beli. Sementara kredit konvensional dasarnya adalah peminjaman uang antara pemberi pinjaman dengan penerima pinjaman.

• Hubungan perusahaan dana dengan konsumen; pada kredit syariah hubungan keduanya adalah penjual dan pembeli. Sementara pada kredit konvensional hubungannya adalah kreditur dan debitur.

• Jenis usaha konsumen dan penggunaan kendaraan; pada kredit syariah diharapkan jenis usaha dan penggunaan mobil tidak bertentangan dengan hukum syariah. Sementara kredit konvensional jenis usaha diharapkan tidak melanggar ketentuan RI.

• Keuntungan; pada kredit syariah keuntungan perusahaan didapatkan dari margin penjualan mobil dari pihak mereka ke konsumen. Sementara kredit konvensional berbentuk bunga yang dibayarkan konsumen bersamaan dengan hutang pokok.

• Asuransi; pada layanan kredit syariah,asuransi disediakan oleh perusahaan asuransi dengan konsep syariah juga sementara kredit konvensional oleh perusahaan asuransi konvensional.

Keuntungan yang Diberikan.

Jika menggunakan layanan kredit dan asuransi mobil syariahmaka ada banyak keuntungan bisa didapatkan. Berikut beberapa diantaranya:

1. Cicilan Dijamin Tetap.

Keuntungan pertama yang bisa didapatkan adalah menerima cicilan dengan nilai yang dijamin tetap. Sebab dasar hukumnya adalah proses jual beli, sehingga keuntungan bank selaku penjual mobil ditetapkan di awal. Artinya sejak awal nilai cicilan per bulan sama sampai cicilan terakhir.

2. Sumber Dana Pembelian Mobil Dijamin Halal.

Sumber pendanaan dari layanan kredit kendaraan syariah dijamin halal, dikelola oleh bank dengan prinsip syariah. Sehingga semua dana dari bank tersebut dijamin halal. Selain itu, layanan satu ini juga mewajibkan nasabah menggunakan kendaraan untuk kegiatan dan usaha halal. Sehingga dijamin 100% halal sejak awal.

3. Denda Dikelola Secara Syariah.

Bagaimana jika cicilan kredit asuransi mobil syariahyang diambil terlambat? Jika di bank konvensional ada denda, maka di bank syariah juga ada denda. Bedanya, denda di bank syariah dialokasikan untuk kegiatan positif. Seperti diberikan kepada mereka yang membutuhkan, bukan untuk keuntungan perusahaan sendiri.

4. Tidak Menggunakan Sistem Bunga (Riba).

Salah satu alasan kenapa layanan kredit mobil berbasis syariah menjadi pilihan utama adalah karena bebas bunga. Artinya layanan ini bebas riba yang memang diharamkan di dalam Islam. Oleh sebab itu, untuk membantu bebas dari jeratan riba maka bisa memakai layanan kredit berbasis syariah satu ini.

Jangan Lupa Mengasuransikan Mobil.

Setelah resmi mengajukan asuransi kendaraan berbasis syariah maka jangan lupa untuk melindunginya dengan produk asuransi. Asuransi khusus mobil membantu mengatur keuangan agar tidak mudah bermasalah saat merawat mobil tersebut. Sebab membantu menanggung biaya perawatan, perbaikan karena kerusakan, sampai pencurian.

Ada banyak perusahaan asuransi mobil syariahbisa dijadikan pilihan. Utamakan yang legal, yakni yang sudah terdaftar di OJK dan juga sudah berpengalaman. Pastikan besar premi sesuai dengan kemampuan kamu sebagai nasabah. Ada banyak faktor utama penentu premi asuransi yang juga tergantung dengan isi manfaat asuransi yang dipilih. 

Selain itu, utamakan yang isi polisnya sangat menguntungkan. Sehingga bisa mendapatkan biaya tanggungan saat menggunakan layanan bengkel rekanan perusahaan asuransi tersebut.[fah]


Komentar Pembaca
Dokter Richard Lee Sebut Skincare Pakai Micin Aman, Asal...

Dokter Richard Lee Sebut Skincare Pakai Micin Aman, Asal...

KesehatanKamis, 24 November 2022 | 09:10

Ria Ricis Buat Moana Tertawa Terbahak-bahak Dikritik, Kenapa?

Ria Ricis Buat Moana Tertawa Terbahak-bahak Dikritik, Kenapa?

IslamtainmentKamis, 24 November 2022 | 06:40

Makkah Hujan, Sekolah dan Universitas Diliburkan

Makkah Hujan, Sekolah dan Universitas Diliburkan

Kabar Tanah SuciKamis, 24 November 2022 | 13:40

Anne Ratna Mustika Sebut Dedi Mulyadi Masih Punya Hutang Miliaran
Makkah dan Madinah akan Diguyur Hujan Deras pada Selasa-Rabu

Makkah dan Madinah akan Diguyur Hujan Deras pada Selasa-Rabu

Kabar Tanah SuciMinggu, 27 November 2022 | 19:43

MUI akan Sebarkan Islam Wasathiyah ke Seluruh Dunia

MUI akan Sebarkan Islam Wasathiyah ke Seluruh Dunia

POLKAMSelasa, 29 November 2022 | 23:50

Awal Januari, Kemenag Rekrut Petugas Pembimbing Ibadah Haji

Awal Januari, Kemenag Rekrut Petugas Pembimbing Ibadah Haji

NasionalSelasa, 29 November 2022 | 23:30

Imam Al-Hasan Al-Bashri Aplikasikan Ihsan dalam Muamalah

Imam Al-Hasan Al-Bashri Aplikasikan Ihsan dalam Muamalah

KajianSelasa, 29 November 2022 | 23:10

Hilman Latief: Penggunaan Nilai Manfaat Dana Haji Perlu Diproporsionalkan
Indonesia Ajak Negara-negara OKI Memajukan Industri Halal

Indonesia Ajak Negara-negara OKI Memajukan Industri Halal

Ekonomi SyariahSelasa, 29 November 2022 | 22:26