Jelang Mudik, Begini Kesiapan SPBU Pertamina di Jalur Mudik

BERITA  MINGGU, 17 APRIL 2022 | 12:20 WIB

Jelang Mudik, Begini Kesiapan SPBU Pertamina di Jalur Mudik

Foto ilustrasi/ist

Jumlah pemudik menggunakan kendaraan pribadi diprediksi meningkat pada mudik tahun ini. Untuk antisipasi, Pertamina mengerahkan SPBU tambahan guna mencukupi kebutuhan BBM.

Area Manager Communication, Relation & CSR Regional Jawa Bagian Barat, Eko Kristiawan menyatakan Pertamina siap memenuhi kebutuhan BBM pemudik. Ini tercermin dari tersedianya pasokan BBM di SPBU reguler maupun SPBU tambahan.

"Kami di Regional Jawa Barat siap untuk melayani kebutuhan masyarakat untuk produk BBM di SPBU dan selain SPBU Reguler itu kami juga menyiapkan 9 titik layanan SPBU Modular, 17 titik motorist Pertamina Delivery Service dan 53 SPBU Kantong sebagai antisipasi bila ada kenaikan permintaan BBM," kata Eko seperti yang dilansir dari detik.com, Minggu (17/4/2022).

Layanan BBM selain dari SPBU Reguler itu bakal dimulai pada 25 April hingga 10 Mei 2022. Untuk lokasi-lokasinya, pemudik dapat memantaunya melalui aplikasi MyPertamina.

Senada dengan area Jawa Barat, area Jawa Tengah juga bersiap mengantisipasi lonjakan kebutuhan BBM pemudik. Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho mengatakan Pertamina menyiagakan penambahan stok BBM pada masa mudik Lebaran.

Untuk wilayah Jawa Tengah, beberapa SPBU di lokasi strategis juga akan dioperasikan 24 jam. Selain itu, Pertamina menyiapkan SPBU Kantong. Ini berupa mobil tangki yang disiagakan di SPBU sebagai kantong atau cadangan suplai BBM.

"SPBU Kantong itu adalah truk tangki yang stand by di SPBU-SPBU tertentu sehingga cepat dalam penyaluran ke SPBU. Masyarakat tidak perlu menunggu penyaluran di Fuel Terminal," kata Brasto.

Brasto menjelaskan, dari jalur Brebes-Banyumas-Purworejo, akan ditempatkan 8 SPBU Kantong. Selain itu, di Brebes, Purwokerto, Banyumas, Cilacap, Kebumen, dan Purworejo juga akan ditempatkan motorist Pertamina Delivery Service. Ini memungkinkan masyarakat membeli BBM nonsubsidi via Pertamina Call Center 135.

Agar mudik tahun ini lancar, baik Eko maupun Brasto berpesan agar pemudik betul-betul mempersiapkan pasokan BBM di kendaraan masing-masing. Selain itu diharapkan pemudik menggunakan BBM dengan kualitas yang sesuai kebutuhan kendaraan.

"Kalau dari sisi kami terkait pemudik agar menggunakan bahan bakar yang berkualitas, ramah lingkungan dan tentu saja yang sesuai dengan spesifikasi mesin, sehingga mesin kendaraan akan lebih awet. Selain itu juga kami himbau menggunakan bahan bakar secara hemat sesuai peruntukannya," ujar Eko.

"Kami menghimbau bagi masyarakat yang hendak mudik dan berwisata agar mengisi tangki full di SPBU sebelum berangkat dan untuk mempermudah menemukan SPBU terdekat saat perjalanan, masyarakat dapat menggunakan aplikasi MyPertamina atau menghubungi layanan kontak Pertamina di nomor 135," ujar Brasto.[fah]


Komentar Pembaca