Kilang Pertamina Menjadi Jantung Pengelolaan Energi Nasional

Ekonomi  SABTU, 16 APRIL 2022 | 19:45 WIB

 Kilang  Pertamina Menjadi Jantung Pengelolaan Energi Nasional

PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) adalah jantung dari PT Pertamina, yang melakukan pengelolaan sumber energi, dalam menyongsong pertumbuhan ekonomi Indonesia yang akan berlangsung hingga 2045.

Hal itu disampaikan Direktur SDM dan Penunjang Bisnis PT Kilang Pertamina Internasional, Isnanto Nugroho, saat momen Impressive Management Walkthrough (iMWT) ke Refinery Unit III Plaju, Palembang bersama Direktur Optimasi Feedstock & Produk Yoki Firnandi.

"Kita adalah jantung dari sebuah jantung pengelolaan energi," sampainya.

Dalam lawatannya ke Kilang Plaju pada 13 April lalu, Yoki dan Isnanto didampingi oleh General Manager (GM) dan jajaran manajemen RU III mengecek langsung proses produksi biji plastik Polytam di unit Polypropylene yang berjalan normal dan aman.

Dalam agenda Impressive Management Walkthrough (iMWT) itu, Yoki dan Isnanto memberikan kesempatan berdiskusi banyak hal dengan para pekerja yang tengah berada di ruang kendali operasi.

Salah satu yang disampaikan kepada para pekerja adalah, jajaran direksi PT KPI akan berjuang semaksimal mungkin demi kemajuan perusahaan.

Untuk itu dirinya juga mengingatkan pentingnya kekompakan dan kesamaan persepsi seluruh pihak di semua level demi mencapai kemajuan PT KPI.

"Untuk mencapai kemajuan perusahaan, butuh kekompakkan, kesamaan persepsi dan tanggung jawab besar untuk mendukung itu semua," imbuhnya.

Isnanto juga mengingatkan, Golden Rules (Patuh, Intervensi, Peduli) sebagai hal yang harus betul-betul diimplementasikan.

"Kita harus memaksimalkan upaya untuk mendukung penuh aspek safety," sampainya.

Sementara, GM Kilang Pertamina Plaju, Edy menyampaikan bahwa untuk mendukung pencapaian target laba PT KPI di 2022, Kilang Pertamina Plaju yang dipimpinnya telah mengantongi beberapa inisiatif yang akan dieksekusi sepanjang 2022.

"Ada dua klaster besar inisiatif kita, yakni value protection & energy efficiency," katanya.

Salah satu yang sudah dilakukan pada triwulan I 2022 ini, yakni telah dimulainya ekspor MFO Low Sulphur ke Singapura pada akhir Maret lalu.

Ekspor bahan bakar kapal rendah sulfur yang ditarget sebanyak 200 MB/bulan itu diharapkan mencetak penerimaan paling besar di 2022.

Pada awal tahun 2022, Kilang Pertamina Plaju juga telah menggelar FGD Idea Generation untuk memetakan inisiatif mana saja yang akan dioptimalkan demi mencapai target laba

Adapun selama iMWT, Yoki dan Isnanto meninjau penyusunan karung Polytam yang telah sesuai prosedur kerja aman yang berlaku.

Ia juga telah memastikan produk biji plastik telah tersertifikasi halal guna menambah kepercayaan konsumen.

Setelah dari unit Polypropylene, rombongan bertolak ke Jetty (dermaga) 8 dengan menggunakan work vest sesuai standar yang direkomendasikan selama berada di sana. [rhd/***]


Komentar Pembaca
Alhamdulillah Indonesia Punya Vaksin

Alhamdulillah Indonesia Punya Vaksin

Senin, 27 Juni 2022 | 21:12

Hotman Paris Sowan Ke Ketua Mui

Hotman Paris Sowan Ke Ketua Mui

Senin, 27 Juni 2022 | 13:05