Dewan Haji Inggris Gembira, Namun Ingatkan Warga Muslim

Internasional  MINGGU, 10 APRIL 2022 | 10:30 WIB

Dewan Haji Inggris Gembira, Namun Ingatkan Warga Muslim

Dewan Haji Inggris menyambut gembira keputusan Arab Saudi menerima 1 juta jamaah haji tahun ini. Namun demikian Dewan Haji mengingatkan masyarakat Muslim di Inggris, agar mendaftar haji di biro-biro penyelenggara haji dengan izin resmi.

Peziarah hanya boleh menandatangani perjanjian dengan mereka yang telah disetujui oleh Kementerian Haji Kerajaan dan memegang Lisensi Penyelenggara Perjalanan Udara yang valid.

“Kami sangat mendesak Muslim Inggris yang berniat melakukan haji tahun ini untuk memesan dengan penyelenggara haji berlisensi yang berbasis di Inggris yang dilisensikan langsung oleh Kementerian Haji Saudi. Penyelenggara harus memiliki kuota visa sendiri dan jemaah haji harus mendapatkan konfirmasi tertulis bahwa paket yang mereka beli sudah termasuk visa haji. Selain itu, penyelenggara harus memiliki lisensi ATOL yang valid dan mengeluarkan jamaah dengan sertifikat ATOL pada saat pemesanan yang akan memberi mereka perlindungan finansial jika perusahaan bangkrut,” Rashid Mogradia, CEO CBHUK, dilansir dari Arab News, Ahad (10/4/2022).

“Pembayaran harus dilakukan melalui transfer bank ke rekening bisnis yang dapat diaudit,” untuk melindungi jemaah haji dari penipuan haji, tambah Mogradia.

Seringkali, korban tiba di Arab Saudi untuk mengetahui bahwa akomodasi yang mereka pesan tidak ada. Terkadang, paket senilai ribuan pound dijual kepada peziarah oleh operator perjalanan tidak sah yang kemudian menghilang tanpa memberikan layanan yang mereka janjikan.

Mogradia mengatakan bahwa masih terlalu dini untuk memesan paket untuk jemaah haji Inggris karena sebagian besar perusahaan haji akan mengatur kontrak dengan otoritas Saudi, jadi “mereka tidak perlu memiliki lisensi untuk menjual sampai dokumen mereka selesai.”

“Masyarakat yang ingin menunaikan haji tahun ini harus meminta untuk melihat kartu izin resmi perusahaan yang dikeluarkan oleh Kementerian Haji,” tambahnya.

Rincian lebih lanjut akan diterbitkan oleh CBHUK selama beberapa minggu ke depan, kata Mogradia.

Yasmin Qureshi MP, ketua All-Party Parliamentary Group on Hajj & Umrah, memuji langkah-langkah yang diambil oleh Arab Saudi untuk memastikan keselamatan dan keamanan jemaah haji selama haji tahunan.

“Umat Islam sudah tidak sabar menunggu pengumuman haji 2022 oleh Kementerian Haji Saudi. Kabar ini tentu akan membawa kegembiraan bagi umat Islam di seluruh dunia yang selama dua tahun terakhir tidak bisa menunaikan ibadah haji karena pandemi COVID-19,” kata Qureshi.[ros]


Komentar Pembaca