Akhirnya Setelah Dua Tahun, Muba Kembali Buka Pasar Bedug

Daerah  SENIN, 04 APRIL 2022 | 23:10 WIB | Irmayani

Akhirnya Setelah Dua Tahun, Muba Kembali Buka Pasar Bedug

MoeslimChoice.com

Setelah dua tahun Kota Sekayu tanpa Pasar Bedug, Ramadan kali ini Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) kembali membuka pasar bedug, ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Muba Susy Imelda Beni. Pasar yang menjual berbagai macam menu berbuka puasa ini dipusatkan di Halaman Parkir Eks Penjara Depan Gedung DWP Sekayu, Senin (4/4/2022).

Anggota DPRD Provinsi Sumsel ini mengatakan, penyelenggaraan kegiatan pasar ramadan 1443 H tahun 2022 ini merupakan kegiatan yang rutin di laksanakan setiap tahunnya, dalam rangka menyambut datangnya bulan suci ramadan dan sekaligus memberikan peluang untuk membantu masyarakat, khususnya muslim di kota Sekayu dan sekitarnya, yang tengah menjalankan ibadah puasa dalam memenuhi kebutuhan makanan siap saji.

"Selain itu juga memberi kemudahan bagi masyarakat muslim kota Sekayu dan sekitarnya untuk mendapatkan kebutuhan selama menjalankan ibadah bulan mulai ini, kegiatan pasar ramadan/bedug ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat kepada para pedagang makanan yang berpartisipasi dalam kegiatan ini sehingga memperoleh penghasilan tambahan,"ucap Susy.

Dikatakan Plt Bupati Muba Beni Hernedi diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Muba H Yudi Herzandi SH MH,  Pemkab Muba melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian setiap tahun memang menyelenggarakan kegiatan pasar ramadhan ini. Selain membantu masyarakat untuk memperoleh kemudahan bagi pemenuh kebutuhan di bulan suci, juga di harapkan kegiatan ini dapat menjadi salah satu upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui usaha ekonomi kerakyatan untuk mewujudkan Muba Maju Berjaya. 

"Kami menghimbau kepada para pedagang di pasar ramadhan/bedug ini untuk senantiasa menjaga kualitas dagangannya baik menyangkut kebersihan, keamanan penggunaan bahan yang di gunakan pada makanan, memenuhi standar gizi yang baik serta terjamin higienisnya,"pungkas Yudi.

Yudi juga menghimbau agar jangan menjual jenis makanan yang sudah kadaluarsa/basi, yang menggandung bahan berbahaya seperti boraks, formalin, dan lain-lain. Usahakan bahan yang di jual dalam kondisi yang masih segar, panas dan layak dikonsumsi.

"Perlu kami sampaikan kepada masyarakat sekalian yang hadir disini, bahwa pada tahun 2022 ini Pemkab Muba melalui Disdagprind akan melaksanakan pasar ramadhan/bedug di dua kecamatan yaitu, Sekayu dan Sungai lilin. Insya allah pada tahun-tahun yang akan datang kita akan melaksankan kegiatan ini di seluruh kecamatan dalam wilayah Kabupaten Muba.  Marilah kita sambut dengan suka cita pelaksanaan kegiatan ini, karena kegiatan pasar ramadhan/bedug ini selain salah satu uapaya untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dengan ini insya allah memiliki nilai ibadah yang besar di hadapan Allah SWT,"ucapnya. 

Menurut laporan Kepala Dinas Disdagprind Kabupaten Muba, Azizah SSos MT menyebutkan, tujuan pasar Ramadhan/Bedug 1443 H Tahun 2022 bertujuan untuk membantu masyarakat umat muslim khusunya yang sedang menjalankan ibadah puasa untuk memperoleh makanan siap saji dan bantu pedagang menjual makanan dan minuman siap saji untuk mendapatkan nilai tambah penghasilan di bulan puasa.

"Jenis barang dagangan beraneka ragam makanan seperti kue-kue, lauk pauk dan buah-buahan segar. Pasar bedug dilakukan oleh para pedagang, organisasi kemasyarakatan DWP, PKK, Bhayangkari dan lainnya yang berjumlah 60 orang pedagang, dengan fasilitas yang disediakan berupa tenda, meja, kursi dan perlengkapan lainnya gratis,"bebernya. [Irm]


Komentar Pembaca
Tragedi Tersengat Listrik Saat Pengajian

Tragedi Tersengat Listrik Saat Pengajian

Selasa, 09 Agustus 2022 | 13:10

Paylater Haram!!!

Paylater Haram!!!

Selasa, 09 Agustus 2022 | 13:08