Gubernur Sumut: Silakan Ibadah Ramadan Berjamaah Asal..

Daerah  KAMIS, 31 MARET 2022 | 20:30 WIB

Gubernur Sumut: Silakan Ibadah Ramadan Berjamaah Asal..

Gubernur Edy Rahmayadi meminta seluruh Umat Islam di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) melaksanakan Ibadah Bulan Ramadan 1443 Hijriah, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Ditegaskan mantan Ketua Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) ini, pihaknya tidak membatasi apalagi melarang masyarakat Muslim untuk beribadah secara berjamaah. Hanya saja, dia mengimbau agar pelaksanaan ibadah tersebut dilakukan dengan prokes yang ketat.

"Tetap protokol kesehatan, silakan anda beribadah rakyat ku, tetapi protokol kesehatan," kata Gubernur Edy Rahmayadi di Medan, Kamis (31/3/2022).

Lebih lanjut ia menyebut,"Protokol Kesehatan menjadi salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga diri dari penyebaran Covid-19. Ini membuat kita sehat dan ibadah pun lancar, ikuti protokol kesehatan."

Sementara itu Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumut sudah mengeluarkan imbaun mengenai Pelaksanaan Ibadah di Bulan Ramadan 1443 Hijriah. Surat itu ditandatangani langsung oleh Ketua MUI Sumut Maratua Simanjuntak dan Sekretaris MUI Sumut Asmuni tertanggal 29 Maret 2022.

Ditegaskan bahwaw bahwa warga yang akan melaksanakan Shalat Tarawih di masjid sudah diperbolehkan untuk merapatkan saf.

MUI menyabut,"Karena kondisi saat ini, Covid 19 sudah terkendali, dan masyarakat sudah mendapatkan vaksinasi serta edukasi, maka pelaksanaan salat berjamaah di masjid yang dahulunya diperbolehkan untuk menjarangkan shaf (rukhshah) karena ada hajah syar’iyyah, maka saat ini kembali kepada hukum asalnya (‘azimah), yakni merapatkan shaf."[ros]


Komentar Pembaca