Meriam Kaleng, Mainan Anak-anak di Jua Jua OKI Saat Ramadan

Sosial  KAMIS, 31 MARET 2022 | 14:14 WIB | Rahmad Romli

Meriam Kaleng, Mainan Anak-anak di Jua Jua OKI Saat Ramadan

moeslimchoice

MoeslimChoice. Berbagai tradisi masyarakat Indonesia dilakukan menyambut bulan suci Ramadan. Mulai dari makanan, tradisi, kegiatan serta berbagai kebiasan unik yang ada hanya pada saat menyambut Ramadan.

Salah satunya permainan berupa meriam kaleng yang dibuat anak-anak desa di Dusun Lima Kelurahan Jua Jua Kecamatan Kayu Agung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Permainan meriam kaleng ini marak dilakukan anak-anak untuk mengisi kegiatan Ramadan. Semakin keras suara yang dihasilkan semakin baik meriam tersebut.

Meriam kaleng ini dapat dibuat dengan beberapa kaleng sarden yang disusun panjang dengan perekat lakban. Kemudian menggunakan bagian atas botol air minum kemasan sebagai pangkal sumbu. Sementara pemicunya menggunakan menggunakan korek api gas dan cairan spiritus yang dimasukan dalam botol pengharum.

“Caranya cairan spiritus dimasukkan dalam botol terus digoyang-goyang beberapa kali. Kemudian dipetik pakai korek api. Dummm,” terang Icon saat mempraktekan meriam kaleng miliknya.

Permainan ini biasanya mereka lakukan saat sore hari jelang berbuka puasa, kemudian pada malam usai sholat tarawih atau setelah sahur.

Meriam kaleng ini merupakan permainan pengganti petasan yang dinilai lebih berbahaya serta harganya lebih mahal. Selain itu meriam kaleng ini juga sudah semacam tradisi bagi anak-anak di Jua Jua OKI saat Ramadan.

“Yang paling sering rusak itu cuma  pemantik korek apinya, kalau yang lain awet. Main percon kan dilarang kalau main ini lebih aman,” ujarnya.

Permainan meriam kaleng ini biasanya dimainkan secara beramai-ramai sehingga akan menjadi suatu kebanggaan tersendiri bila suara yang dihasil lebih keras daripada yang lain. [rhd]


Komentar Pembaca