Mulai Terungkap, Biang Kerok Kelangkaan Solar

Ekonomi  SENIN, 28 MARET 2022 | 20:00 WIB

Mulai Terungkap, Biang Kerok Kelangkaan Solar

Hari ini, Senin (28/3/2022), Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengikuti rapat dengar dengan Komisi VI DPR RI, Senayan, Jakarta.

Dalam kesempatan itu, ia menyebut bahwa diduga kuat kelangkaan  bahan bakar minyak (BBM) jenis solar subsidi terjadi karena penyelewengan BBM oleh industri besar sawit dan pertambangan.

Menurut Nicke, porsi dari solar subsidi terhadap keseluruhan penjualan solar mencapai 93 persen, sedang non subsidi hanya 7 persen. Pihaknya dan aparat penegak hukum akan memastikan apakah sebanyak 93 persen penjualan solar subsidi itu mengalir ke industri besar.

"Sebab, antrean solar bersubsidi banyak terjadi di daerah industri sawit dan pertambangan. Kami melihat antrean-antrean ini justru dari industri besar, sawit, tambang ini harus ditertibkan," tandas Nicke.

Padahal,  solar subsidi tidak boleh digunakan oleh industri tambang dan perkebunan sawit. Pihaknya meduga seperti itu, karena penjualan solar non subsidi turun, solar subsidi naik, padahal industri naik, ini perlu diluruskan.

Pihaknya, menurut Nicke, butuh petunjuk teknis dari pemerintah terkait siapa saja yang berhak mengkonsumsi solar subsidi dan volumenya. Mungkin perlu Keputusan Menteri (Kepmen) yang kemudian bisa digunakan sebagai dasar di lapangan.[ros]


Komentar Pembaca
Alhamdulillah Indonesia Punya Vaksin

Alhamdulillah Indonesia Punya Vaksin

Senin, 27 Juni 2022 | 21:12

Hotman Paris Sowan Ke Ketua Mui

Hotman Paris Sowan Ke Ketua Mui

Senin, 27 Juni 2022 | 13:05