Indonesia Rawan Bencana, Ratusan Relawan Gelar Latihan Bersama KolaborAksi

Sosial  SABTU, 26 MARET 2022 | 09:45 WIB

Indonesia Rawan Bencana, Ratusan Relawan Gelar Latihan Bersama KolaborAksi

Net

Sebanyak 160 relawan dari berbagai instansi dan kelompok relawan mahasiswa mengikuti latihan gabungan nasional yang diselenggarakan oleh Disaster Management Centre (DMC) Dompet Dhuafa. Bertempat di Hopeland Camp dengan ketinggian berkisar 1.000 mdpl dan jalur semi offroad Cijeruk, Kabupaten Bogor, pada hari jumat (25/3).

“Pemilihan lokasi di Hopeland Camp ini karena cocok untuk kegiatan dan simulasi kebencanaan di sini,serta medan bergerak bagi para relawan untuk merasakan di daerah bencana, ada hutan dengan jalan tanah dan jalan berbatu yang menantang,”  ujar ustaz Ahmad Shonhaji, selaku Direktur Dakwah Budaya dan Pelayanan Masyarakat Dompet Dhuafa.

Kegiatan yang disebut sebagai kolaborAksi ini, bertujuan merekatkan simpul-simpul kerelawanan agar dapat saling membantu ketika beraksi di lapangan. 

“Relawan itu tidak bisa bergerak sendiri, harus saling terkoneksi satu sama lain dengan lembaga agar dapat efektif membantu penyintas saat kebencanaan,” tambah ustaz Ahmad Shonhaji.

Rangkaian kegiatan kolaborAksi Relawan di tahun 2022 ini akan berlangsung selama tiga hari, dengan berbagai materi penilaian seperti offroad, first aid, keterampilan ambulans, evakuasi ketinggian, navigasi darat, hingga water rescue.

Ahmad Riyadi atau yang sering disapa Kelink sebagai ketua Penyelenggara acara ini mengatakan dari hasil latihan gabungan akan dibuat rencana keberlanjutan dengan aksi pelatihan yang lebih kompleks agar dapat memberikan edukasi, informasi dan motivasi para relawan. [Irm]


Komentar Pembaca