Menteri Suharso Monoarfa Ternyata Sudah Dua Kali Alami Perceraian

Islamtainment  JUMAT, 25 MARET 2022 | 17:06 WIB | Rahmad Romli

Menteri Suharso Monoarfa Ternyata Sudah Dua Kali Alami Perceraian

ngopibareng/ net

Sebagai seorang politisi dan pengusaha, Suharso Monoarfa terbilang cukup sukses. Selain sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN), Suharso juga adalah seorang Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Sayangnya dalam urusan rumah tangga, Suharso mengalami kegagalan karena dia telah mengalami dua kali perceraian.

Seperti diketahui Menteri Suharso Monoarfa menggugat cerai istrinya, Nurhayati, di Pengadilan Agama (PA) Jakarta Selatan pada 31 Januari 2022 dengan nomor perkara 568/PDt G/PA.JS. Sementara untuk persidangannya ternyata sudah dimulai sejak 9 Februari 2022 dan di bulan Februari tersebut sampai kemarin agendanya baru tahap mediasi.

Upaya mediasi yang kedua sudah dilakukan pada Rabu (23/3) kemarin, namun masih belum berhasil. Oleh karena itu, pihak Pengadilan Agama hendak mempertemukan kedua belah pihak lagi pada 30 Maret 2022.

"Kemarin telah mediasi dan agenda selanjutnya itu jawaban tanggal 30 Maret 2022 tersebut," jelas Taslimah selaku pejabat humas Pengadilan Agama Jakarta Selatan kepada media.

Ternyata ini adalah perceraian yang kedua bagi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN), sekaligus sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional di kabinet Indonesia Maju bersama Presiden Joko Widodo.

Istri pertamanya adalah bernama Carolina Kaluku yang dinikahinya pada tahun 1983. Sayangnya rumah tangga yang mereka bangun kandas meski dari pernikahanya dikaruniai tiga anak yakni Andhika Mohammad Yudhistira Monoarfa, kedua Raushanfikri Enaldo Monoarfa dan terakhir Ainy Syahputri Monoarfa..

Carolina sebelumnya meminta gugatan cerai kepada ketua umum PPP itu pada tanggal 12 September 2011, Carolina sempat mencabut gugatan itu pada tanggal 14 September 2011, pada akhirnya resmi berpisah pada tanggal 02 Januari 2012.

Selanjutnya politisi yang lahir pada 31 Oktober 1954 itu kemudian menikah lagi dengan Nurhayati Effendi pada tahun 2009.

Perjalanan rumah tangga keduanya berjalan cukup langgeng, bahkan kini Nurhayati menjabat sebagai Anggota DPR RI dan duduk di Komisi II.

Nurhayati Effendi merupakan seorang politisi dari Partai Persatuan Pembangunan, ia terpilih menjadi Anggota DPR RI daerah pemilihan Jawa Barat, yang meliputi Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Garut pada 01 Oktober 2014.

Sayangnya meski karir kedua tengah menanjak namun prahara rumah tangga menerpa keduanya. Hingga akhirnya Suharso menggugat istrinya tersebut.

Hingga saat ini belum diketahui penyebab keretakan rumah tangga yang mereka alami.

Nurhayati sendiri kepada media membenarkan kalau digugat suaminya, Suharso Manoarfa.

Nurhayati tak banyak bicara soal penyebab perceraian tersebut. Nurhayati juga mengaku berupaya mempertahankan rumah tangganya.

"Doakan saya dan Pak Harso bisa kembali dan baik-baik saja. Dan untuk berita lainnya saya yakin itu tidak benar," ujarnya. [rhd]


Komentar Pembaca
Alhamdulillah Indonesia Punya Vaksin

Alhamdulillah Indonesia Punya Vaksin

Senin, 27 Juni 2022 | 21:12

Hotman Paris Sowan Ke Ketua Mui

Hotman Paris Sowan Ke Ketua Mui

Senin, 27 Juni 2022 | 13:05