Perkenalkan Pulau Seribu, Disparekraf DKI Jakarta Buka Pameran di Mandalika

Wisata  SABTU, 19 MARET 2022 | 15:05 WIB | Aldi Rinaldi

Perkenalkan Pulau Seribu, Disparekraf DKI Jakarta Buka Pameran di Mandalika

Net

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu mengadakan pameran di event Moto GP Mandalika melalui acara Mandalika Experience Expo di Sirkuit Mandalika.

Hal itu bertujuan untuk mengenalkan sekalian menghadirkan kepingan keindahan Kepulauan Seribu di Mandalika, Nusa Tenggara Barat yang berlangsung 18-20 Maret 2022.

Kepala Disparekraf Provinsi DKI Jakarta, Andhika Permata menyatakan melalui event Moto GP Mandalika ini, masyarakat yang hadir bisa menyaksikan lebih dekat seribu pesona Kepulauan Seribu.

"Tidak sekadar promosi pariwisata, kami turut mengajak pelaku ekonomi kreatif untuk mengenalkan produk-produk unggulan. Kami bergabung dalam Pameran UKM yang diselenggarakan oleh Kementerian KUKM di Sirkuit Mandalika dengan membawa dua merek terbaik yakni D’Craft dan SSDJ (Senang-senang di Jakarta. Diharapkan masyarakat Indonesia bisa mengenal produk ekonomi kreatif dari Jakarta," terang Andhika pada Sabtu (19/3).

Bersanding dengan Mandalika dalam 10 Bali Baru, Kepulauan Seribu memiliki surga bahari tersembunyi yang keindahannya tidak kalah menawan bagi para wisatawan, khususnya yang menggemari aktivitas laut.

Tak hanya itu, Kepulauan Seribu juga memiliki potensi yang dapat disandingkan dengan destinasi bahari di Indonesia lainnya seperti Raja Ampat ataupun Mandalika, di mana semua tempat ini memiliki kemiripan dari sisi topografi dan dikelilingi oleh gugusan pulau yang indah serta ragam aktivitas bahari yang menunjang kegiatan berwisata.

Kepulauan Seribu memiliki potensi marine tourism dan island tourism. Kepulauan Seribu tidak hanya dijadikan tujuan wisata pada saat liburan panjang saja, melainkan juga untuk short vacation, short escape, healing, dan lainnya. Kepulauan Seribu juga menawarkan daya tariknya, mulai dari hutan mangrove, konservasi penyu dan hiu, snorkeling, hingga cagar budaya.

"Kami sedang mempersiapkan paket-paket yang dapat mengakomodir masyarakat yang ingin bekerja sambil menikmati keindahan alam Kepulauan Seribu (work from the island) jadi tidak perlu pergi jauh-jauh semua ada di Jakarta," tutur Andhika.

Hal tersebut tentu mempertegas bahwa Jakarta tidak hanya sebagai pusat bisnis dan pusat pemerintahan saja seperti kota global lainnya, melainkan juga sebagai kota tujuan wisata.

Pilihan lokasi terbaik menikmati keindahan matahari terbenam, manjakan mata dengan pemandangan lautan yang indah, Kepulauan Seribu memilki 113 pulau terdiri dari 11 pulau berpenduduk, 7 pulau resort, dan pulau konservasi. Lalu, beragam akomodasi yang sempurna untuk liburan bersama keluarga dan sahabat siap dikunjungi, resort ramah lingkungan di Pulau Macan, dengan nuansa tropis yang artistik dan minimalis.

Bagi wisatawan yang ingin merasakan pengalaman keramahan warga lokal bisa memilih menginap homestay yang ada di Pulau Tidung, Untung Jawa dan Pulau Pramuka. Jika ingin menyatu dengan alam Pulau Semak Daun dan Pulau Dolphin bisa disinggahi untuk berkemping sejenak, lingkungan yang asri, deburan ombak, dan pasir putih menunggu kedatangan wisatawan.

Terakhir, Andhika menjelaskan, bahwa Kepulauan Seribu menawarkan keindahan dan pengalaman yang belum pernah dijumpai sebelumnya, tempat terindah untuk olahraga air, berenang, menyelam, snorkeling, banana boat, jet ski, kayak, sambil bermain dengan beragam biota laut yang masih terjaga alami. Berkeliling Jakarta melalui cara yang berbeda, dengan menikmati pemandangan laut dari atas kapal menawan yang menyajikan semua secara lengkap.[irm]


Komentar Pembaca