Varian Deltacron Perlu Dikhawatirkan, Ini Penjelasan IDI

Kesehatan  JUMAT, 18 MARET 2022 | 17:05 WIB

Varian Deltacron Perlu Dikhawatirkan, Ini Penjelasan IDI

Net

Belum juga usai tmeuan kasus Covid-19 varian Omicron, dunia dibuat geger oleh temuan kasus kombinasi varian Delta dan Omicron, yakni Deltacron. Mengingat varian Delta tinggi risiko fatalitas dan Omicron tinggi risiko penularan, perlukah warga RI khawatir soal penyebaran varian Deltacron?

Satgas COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyebut, sejumlah pihak sempat khawatir varian 'hybrid' Deltacron bakal memiliki karakter varian Delta dan Omicron. Namun rupanya, varian Deltacron hingga kini tak masuk daftar varian Corona yang dikhawatirkan atau diperhatikan.

"Deltacron menyebar ke banyak orang lain. Namun jumlah orang dengan Deltacron tidak terlalu banyak. Belum masuk perhatian dan kekhawatiran kita." ujar Ketua Satgas COVID-19 IDI, Prof Zubairi Djoerban, saat ditemui di acara pembukaan Monumen Pengabdian Dokter Indonesia di Jakarta, Kamis (17/3/2022).

Kabar baik menurut Prof Zubairi, Deltacron terpantau tidak mencakup karakter kedua varian Delta dan Omicron. Mengingat varian Delta memiliki tinggi risiko fatalitas dan gejala berat, kemudian Omicron menular dengan cepat, Deltacron terpantau tak memiliki kedua karakter tersebut.

"Tadinya kita Deltacron amat takut karena sangat berat, menaikkan pasien meninggal lebih banyak. Sementara Omicron sangat mudah menular," bebernya.

"Rekombinan kombinasi keduanya, (dikhawatirkan) sangat mudah menembus orang kemudian bikin kegawatan. Untungnya, tidak demikian yang terjadi. Ternyata tidak terlalu amat sangat menular dan tidak amat mematikan," pungkas Prof Zubairi. [Irm]


Komentar Pembaca
Tragedi Tersengat Listrik Saat Pengajian

Tragedi Tersengat Listrik Saat Pengajian

Selasa, 09 Agustus 2022 | 13:10

Paylater Haram!!!

Paylater Haram!!!

Selasa, 09 Agustus 2022 | 13:08