Makanan-Minuman Halal Indonesia Mendunia di Dubai Expo

Ekonomi Syariah  JUMAT, 18 MARET 2022 | 12:03 WIB

Makanan-Minuman Halal Indonesia Mendunia di Dubai Expo

Pementasan Kesenian Betawi di Paviliun Indonesia

Paviliun Indonesia menampilkan produk-produk Tanah Air, agar dikenal di kancah internasional termasuk dari industri kreatif syariah (IKRA) yang merupakan binaan Bank Indonesia.

Sebanyak 16 jenis produk makanan dan minuman (mamin) IKRA berkesempatan tampil pada 11-17 Maret 2022 di ajang forum bisnis dan pameran di area pasar malam Paviliun Indonesia.

“Pada 2020-2021, Pasar Indonesia di sektor makanan halaI menduduki peringkat empat. Hal itu merupakan potensi industri halal yang besar bagi Indonesia. Expo 2020 Dubai menjadi salah satu kesempatan besar untuk menggencarkan promosi produk mamin halal Indonesia ke kancah internasional, khususnya pasar Timur Tengah,” ujar Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag sekaligus Komisioner Jenderal Paviliun Indonesia Didi Sumedi.

Sebanyak 16 produk makanan dan minuman halal binaan IKRA yang dipamerkan yaitu Acaraki Jamu, Bawadi Coffee, Elfath Makaroni Keju, Javara, Katuju, Leni Snacks, Narata, Ndalem, Putri Bengkulu, Rabana Go Nature, Rendang Gadih, Saguku, Sehat Segar, Kopi Tiara Global, Warasa, serta Wuenak.

Acaraki Jamu diproduksi dengan rempah dan tanaman herbal Indonesia, serta dikemas dengan kemasan yang modern, seperti kantong seduh (drip bags) dan kaleng. Hal tersebut merupakan cara inovatif untuk memperkenalkan jamu Indonesia ke pasar global. Bahan-bahan yang digunakan Acaraki Jamu juga berasal dari hasil pemberdayaan petani lokal Indonesia. Acaraki Jamu telah diekspor hingga Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Vietnam, Hongkong, RRT, dan Australia.

Bawadi Coffee mengembangkan kopi specialty Gayo Aceh. Bawadi Coffee merupakan usaha yang berkelanjutan untuk kesejahteraan petani lokal. Bawadi Coffee memproduksi kopi arabika gayo dan luwak. Bawadi Coffee juga memiliki perkebunan kopi sendiri dan rutin mengadakan edukasi peningkatan kapasitas untuk para petaninya. Hingga saat ini, Bawadi Coffee telah tersedia di 700 gerai di Indonesia, memiliki lebih dari 100 reseller, dan telah diekspor ke berbagai negara ASEAN.

Elfath Makaroni Keju merupakan produk bebas gluten. Elfath memproduksi makaroni menggunakan tepung kanji dan tapioka dari singkong. Hal tersebut merupakan misi untuk memproduksi camilan yang sehat dari bahan pangan lokal sekaligus menyejahterakan kehidupan petani lokal sebagai pemasok bahan. Hingga saat ini, produk dari Elfath Makaroni Keju telah didistribusikan ke gerai lokal dan e-commerce Indonesia.

Javara memiliki misi untuk mempertahankan keanekaragaman hayati pangan yang terlupakan. Javara memproduksi produk organik dan produk makanan alami. Bermitra dengan puluhan ribu petani kecil dan food artisans, Javara selalu menjunjung tinggi kualitas bahan produk yang digunakan. Hal tersebut sebagai upaya agar produk lokal dapat bersaing di pasar global. Produk ini juga pernah mendapatkan penghargaan sebagai usaha berkelanjutan yang telah berhasil melakukan ekspor ke 25 negara di 5 benua.

Katuju adalah produk rumahan dari Sumatera Barat. Katuju menyajikan rendang autentik dari Minangkabau. Tidak hanya menggunakan daging, rendang yang diproduksi juga ada yang menggunakan bahan plant based. Katuju memiliki misi untuk membangun produk dengan kualitas terbaik sekaligus memberikan dampak sosial dan ekologis untuk masyarakat lokal.

Leni Snacks memproduksi camilan yang terbuat dari bahan pangan lokal seperti singkong dan kentang. Leni Snacks merupakan produk yang bebas gluten dan bebas dari monosodium glutamate (MSG). Leni Snacks berkomitmen menyajikan makanan ringan yang berkualitas. Selain itu, Leni Snacks juga turut merangkul petani lokal dan telah didistribusi di gerai lokal dan e-commerce Indonesia.

Narata memproduksi keripik buah tanpa menghilangkan rasa asli dari buah itu sendiri. Produk tersebut memiliki misi merangkul petani buah lokal dengan mengadakan budidaya agroforestri sebagai upaya membangun ekonomi inklusif yang berkelanjutan. Hingga saat ini, Narata telah didistribusi di seluruh Indonesia dan diekspor ke seluruh negara ASEAN.

Ndalem merupakan cokelat artisan yang menggunakan bahan rempah Indonesia. Produk tersebut memiliki misi untuk menjadi promotor yang kuat dalam menciptakan produk dengan dampak sosial dan ekologi. Terutama dalam memproduksi makanan bergizi bagi masyarakat dan memberikan kehidupan yang lebih baik untuk para petani.

Putri Bengkulu memproduksi sirup yang terbuat dari bahan-bahan organik lokal. Produk tersebut merupakan usaha yang mengusung pemberdayaan perempuan dan menghadirkan produk alami dan berkualitas premium yang terbuat dari buah dan sayuran lokal. Putri Bengkulu telah didistribusikan ke seluruh Sumatra dan memiliki kualitas hingga standar global yang berkelanjutan.

Rabana Go Nature mengembangkan minuman buah berbasis fermentasi dan enzim. Rabana Go Nature adalah perusahaan minuman kesehatan yang sudah diteliti untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Rabana Go Nature terbuat dari kesemek lokal dan buah-buahan asli yang ditanam secara organik. Minuman kesehatan dan suplemen tersebut dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menyediakan sumber bio kolagen sekaligus memberdayakan petani buah lokal.

Rendang Gadih adalah perusahaan makanan yang menghadirkan produk makanan berkualitas. Selain itu, Rendang Gadih juga berupaya untuk menciptakan dampak sosial yang positif melalui kemitraan yang saling menguntungkan dengan petani dan peternak lokal. Produk tersebut telah didistribusikan secara luas di Indonesia dan diekspor hingga ke Amerika Serikat dan Belanda.

Saguku merupakan produk yang dibuat untuk menciptakan gaya hidup yang berkelanjutan. Saguku adalah makanan lokal yang memiliki misi untuk menghidupkan kembali pati sagu yang merupakan sumber karbohidrat sehat Indonesia. Hal ini karena sagu merupakan produk bebas gluten dan rendah glikemik. Saguku juga menciptakan berbagai makanan ringan dari tepung sagu, seperti biskuit coklat, keripik gurih, dan brownies crispy yang terbuat dari bahan-bahan lokal yang ditanam secara organik serta alami dan telah tersebar luas di kota-kota besar di Indonesia.

Sehat Segar adalah minuman herbal tradisional Bali. Sehat Segar adalah perusahaan makanan lokal yang memproduksi minuman kesehatan dengan menggunakan kunyit, jahe, dan rempah-rempah lokal lainnya yang ditanam secara organik. Produk tersebut telah didistribusikan di berbagai gerai yang ada di Bali dan Jawa dan juga tersedia di Amazon untuk diekspor ke Amerika Serikat dan Kanada.

Kopi Tiara Global berfokus untuk memproduksi kopi spesial Aceh Gayo yang berkualitas. Kopi specialty Aceh Gayo berkualitas tinggi tersebut dan hanya dapat ditanam di dataran tinggi Aceh dengan ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut dan tetap menjaga produksi yang berkelanjutan melalui praktik budidaya organik. Kopi ini juga telah diekspor ke lebih dari 21 negara, termasuk Italia, Inggris, Jepang, Australia, dan Timur Tengah.

Warasa menawarkan berbagai macam pasta bumbu instan untuk masakan Jepang, Warasa adalah merek makanan yang memproduksi dan mendistribusikan bumbu instan untuk masakan khas Jepang seperti kari, ramen, shabu shabu, sukiyaki, dan nasi goreng. Perusahaan telah dikenal mendistribusikan produknya ke berbagai ritel terkemuka di seluruh Indonesia dan melayani lebih dari 1700 outlet, termasuk Lotte Mart (Korea), Aeon (Jepang), Superindo (Belgia), dan diekspor ke Malaysia.

Wuenak memproduksi berbagai macam bawang putih dan bawang merah goreng berkualitas tinggi. Produk tersebut menggunakan bahan premium yang sehat dan dapat membantu menciptakan dampak sosial yang positif bagi masyarakat. Wuenak telah didistribusikan ke berbagai jaringan supermarket dan toko di Indonesia dan tersedia di e-commerce Asia.

Sementara itu, Kepala Grup Kebijakan Internasional Bank Indonesia Haris Munandar mengatakan, IKRA bertujuan meningkatkan kapasitas bisnis syariah Indonesia. “Sebagai platform untuk membangun ekosistem yang berkelanjutan bagi perkembangan industri fesyen serta produk makanan dan minuman halal, IKRA juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas bisnis syariah Indonesia. Platform tersebut bertugas meningkatkan kesesuaian produk untuk dapat bersaing di pasar global, serta membuka peluang kerja sama antar pelaku usaha syairah,” tutur Haris.

Selain memamerkan produk mamin halal dari IKRA, Paviliun Indonesia juga menampilkan pertunjukan budaya Betawi dari Provinsi DKI Jakarta pada 11-17 Maret 2022. Gelaran budaya bertujuan mengenalkan budaya Indonesia ke kancah global. Selain itu, pertunjukan budaya Betawi tersebut juga sekaligus mengenalkan DKI Jakarta sebagai kota kolaborasi.

“Budaya Betawi dari DKI Jakarta sukses menarik banyak pengunjung. Kami akan terus menampilka musik dan tarian tradisional yang merupakan bagian dari keberagaman budaya Indonesia. Pertunjukan inilah yang membuat Paviliun Indonesia selalu terasa hidup,” kata Didi.

Didi menyebutkan, pertunjukan budaya Betawi yang ditampilkan antara lain peragaan busana batik, tari Topeng Betawi, tari Serampang 12, tari Kembang Jakarta, hingga tari Sirih Kuning. Peragaan busana yang ditampilkan merupakan karya dari desainer Indonesia, Novita Yunus dan Ai Syarif. Kedua desainer tersebut mendesain batik Indonesia menjadi busana aksesoris yang modern, namun tetap kental akan nuansa etnik tradisional.

“Pertunjukan budaya khas Betawi ini merupakan upaya pemerintah menunjukkan pada dunia bahwa Jakarta adalah kota kolaborasi yang memiliki beragam potensi dan talenta luar biasa di bidang industri kreatif. Kami optimis ini dapat semakin membuka berbagai peluang investasi untuk Indonesia dan DKI Jakarta pada khususnya,” ujar Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda Provinsi DKI Jakarta Sri Haryati.

Hingga saat ini, Paviliun Indonesia telah menarik lebih dari 1,5 juta pengunjung dan akan terus menampilkan keberagaman budaya di panggung internasional serta membangun koneksi dengan kekuatan kolaborasi melalui pameran produk usaha kecil dan menengah (UKM). Paviliun Indonesia menjadi wadah untuk membuka berbagai peluang melalui serangkaian forum bisnis yang digelar secara apik melalui gelaran Expo 2020 Dubai.[ros]


Komentar Pembaca