Gubernur Termuda Itu Bawa Tanah Merah 2 Kg

Daerah  SENIN, 14 MARET 2022 | 22:30 WIB

Gubernur Termuda Itu Bawa Tanah Merah 2 Kg

Diselenggarakan Penyatuan Air dan Tanah di Titik Nol Kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur (Kaltim). Untuk ritual Syukuran dan Doa Pembangunan IKN Nusantara itu, Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman membawa air dan tanah merah 2 kg.

Tidak sembarang air yang dibawa gubernur termuda di Indonesia ini. Gubernur Andi membawa tanah dan air yang memiliki filosofi dan makna mendalam. Tanah dan air tersebut diambil dari Kabupaten Bone dan Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Mengapa harus dari Kabupaten Bone dan Kabupaten Gowa? Kedua daerah ini menyimpan catatan sejarah hebat di masa lalu. Kedua daerah tercatat memiliki kerajaan yang sangat berpengaruh.

"Kerajaan Bone atau sering pula dikenal dengan Akkarungeng ri Bone dan Kerajaan Gowa," kata Sekretaris Daerah Provinsi (Sekprov) Sulsel Abdul Hayat.

Menurut dia, Gubernur Andi Sudirman membawa yang diambil dari Tana Bangkalae, Bone. Tanah ini jadi simbol menyatunya tiga kerajaan di Sulsel kala itu.Yakni Gowa, Bone dan Luwu.

"Itu makna tanahnya sangat mendalam. Tana ini diambil dari Bangkalae, dan memiliki sejarah, terdapat tiga kerajaan yang menyatu di sana," ungkap Abdul Hayat.

Gubernur Andi Sudirman turut membawa air ke IKN, yang diambil dari sumur Masjid Katangka, Kabupaten Gowa.

Masjid Katangka dibangun pada1603. Masjid ini yang tertua di Indonesia. Masjid ini bukti peradaban masuknya agama Islam di Sulawesi Selatan.

"Air di sumur Masjid Katangka ini tidak pernah kering. Pada zaman dahulu Masjid ini bukan hanya menjadi tempat ibadah melainkan sebagai benteng perlindungan saat perang," ucap Abdul Hayat.

Andi Sudirman membawa tanah yang dikemas dalam kendi ukiran Toraja. Sementara airnya ditaruh di dalam botol.[ros]


Komentar Pembaca
Tragedi Tersengat Listrik Saat Pengajian

Tragedi Tersengat Listrik Saat Pengajian

Selasa, 09 Agustus 2022 | 13:10

Paylater Haram!!!

Paylater Haram!!!

Selasa, 09 Agustus 2022 | 13:08