Agar Rezeki Berlimpah, Ini Doanya..

Kajian  KAMIS, 10 MARET 2022 | 15:50 WIB

Agar Rezeki Berlimpah, Ini Doanya..

Ucapkan Salam bila ada orang di dalam rumah. Bila di rumah tak ada orang ucapkan Salam kepada Rasulullah SAW (Assalamu'alaika Ya Rasulullah), lalu baca Surah Al Ikhlas.

DALAM salah satu bukunya Sayyid Muhammad bin Ali Khirrid al-Alawi al-Husaini at-Tarimi, menceritakan riwayat dari sahabat Sahal bin Sa’ad  tentang seorang laki-laki fakir miskin.

Sayyid Muhammad bin Ali dilansir dari laman nu.or.id, Kamis (10/3/2022), menceritakan bahwa suatu hari laki-laki fakir miskin itu datang mengadukan nasibnya kepada Rasulullah SAW.

"Ya Rasulullah, saya ini tumbuh menjadi seorang fakir miskin yang hidup tidak memiliki penghasilan sedikit pun. Untuk sehari-hari, saya selalu bergantung kepada orang lain; terkadang meminta, kadang juga berutang," akunya sedih.

Mendengar kisah kehhidupan laki-laki ini, Rasulullah SAW memberikan tips agar dia keluar dari hidup dalam keadaan fakir miskin. Rasulullah bersabda :
 اِذَا دَخَلْتَ مَنْزِلَكَ فَسَلِّمْ، اِنْ كَانَ فِيْهِ أَحَدٌ، وَاِنْ لَمْ يَكُنْ فِيْهِ أَحَدٌ فَسَلِّمْ عَلَيَّ وَاقْرَأَ (قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ) مَرَّةً وَاحِدَةً

Artinya, “Apabila engkau memasuki rumahmu maka (ucapkanlah) Salam jika di dalamnya ada satu orang, dan jika tidak ada seorang pun di dalamnya, maka (ucapkanlah) Salam kepadaku (Assalamu alaika ya Rasulallah) dan bacalah (qul huwa Allahu Ahad) satu kali.” (Sayyid Muhammad bin Ali Khirrid, al-Wasailusy Syafiyah fil Adzkarin Nafi’ah wal Auradil Jami’ah [cetakan pertama: 1405 H], halaman 471).

Sebagai umat Islam, ketika laki-laki tersebut mendengar penjelasan Rasulullah, ia sangat bangga dan bersedia untuk melakukan apa yang telah dijarakah oleh nabi akhir zaman itu.

Ia pun pulang dengan sangat lega, meski materi berupa uang dan sesamanya tidak ia terima dari Rasulullah, akan tetapi dengan bacaan itu sudah melebih materi berupa dunia dan isinya.

Sampai di rumah, laki-laki itu langsung mengamalkan apa yang ia terima dari Rasulullah, bahkan ia dengan istiqamah membaca salam ketika hendak masuk ke dalam rumahnya, jika ia tahu di dalam ada orang, dan membaca salam kepada Rasulullah jika tidak ada seorang pun, kemudian dilanjut dengan membaca surat Al-Ikhlas. Alhasil, Allah memberikan rezeki melebihi apa yang diinginkan sebelumnya

, فَأَدَرَّ اللهُ عَلَيْهِ الرِّزْقَ، حَتَّى أَفَاضَ عَلَى جِيْرَانِهِ وَقَرَابَاتِهِ

Artinya, “Maka Allah mengatur (memberi) kepadanya rezeki, hingga melimpah kepada tetangga dan kerabatnya.” (Muhammad bin Ali Khirrid: 471).[ros]

 


Komentar Pembaca