Diprediksi Penumpang Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Meningkat

Wisata  KAMIS, 10 MARET 2022 | 08:30 WIB

Diprediksi Penumpang Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Meningkat

Net

Setelah syarat naik pesawat dilonggarkan, pengelola Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali memprediksi jumlah rata-rata penumpang harian meningkat.

Penerbangan domestik tidak lagi mensyaratkan hasil negatif tes antigen atau PCR. Bandara tersebut tidak mewajibkan pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) yang telah menerima vaksin Covid-19 dosis kedua atau dosis ketiga (booster) untuk menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen Covid-19 sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 21 Tahun 2022.

"Dengan adanya relaksasi regulasi ini kami yakin akan dapat meningkatkan traffic penumpang dan pergerakan pesawat di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali," ujar Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Taufan Yudhistira, Kamis (10/3/2022).

Ia mengatakan dengan adanya aturan baru itu jumlah rata-rata penumpang harian di bandara diprediksi meningkat hingga 20 persen.

"Memang untuk saat ini peningkatan jumlah penumpang belum terlihat karena aturan ini baru kami terapkan kemarin sore, namun kami yakin 2-3 hari lagi kami bisa melihat efek positif dari kebijakan ini," katanya.

Taufan Yudhistira menjelaskan meskipun ada kelonggaran dari sisi tes Covid-19 sebagai persyaratan penerbangan, pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin untuk mencegah penyebaran pandemi di area Bandara Bali. Aturan tidak wajib menunjukkan hasil tes Covid-19 tersebut juga tidak berlaku bagi PPDN yang baru mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis pertama.

Oleh karena itu, pihaknya juga masih menyediakan layanan tes Covid-19 baik dengan metode antigen maupun PCR di area bandara untuk memfasilitasi calon penumpang pesawat yang masih membutuhkan tes Covid-19 sebagai persyaratan perjalanan.

"Kami tetap memberlakukan protokol kesehatan secara ketat. Kami juga tetap menugaskan tim operasional yang mengingatkan seluruh pengguna jasa bandara untuk selalu disiplin protokol kesehatan," kata Taufan. [Irm]


Komentar Pembaca